Surabaya – Tingkat Kesembuhan Tinggi, Layanan Rumah Sehat Efektif Turunkan Covid-19

125

Surabaya – Pemkot Surabaya menyediakan layanan rumah sehat pada tiap kelurahan yang positif Covid dengan gejala ringan atau tanpa gejala. Setelah hampir sebulan buka, tingkat kesembuhan cukup tinggi karena perawatan intensif dari petugas puskesmas setempat.

Salah satu rumah sehat di Kelurahan Tambaksari,  menggunakan gedung Sekolah Dasar Negeri 3 Tambaksari, memulangkan enam warga yang telah terbukti sembuh Covid-19. Hasil dua kali tes PCR hasilnya negatif dan setelah sehat, mereka boleh kembali ke rumah masing masing.

Anna Juniati, salah seorang warga yang telah sembuh, mengaku seminggu lebih dirinya menjalani isolasi dan perawatan di rumah sehat. Warga Tambaksari ini mendapat perawatan bersama kedua anaknya yang masih bayi dan berumur 7 tahun. Selama mendapatkan perawatan, Anna Juniati bersama warga lainnya mendapat pelayanan kesehatan dan vitamin. Perawatan intensif ini membuatnya bisa cepat sembuh.

Menurut Kepala Puskesmas Rangkah, Dokter Dwiastuti Setyorini, untuk pelayanan kesehatan, petugas puskesmas setiap hari memeriksa kesehatan pasien di rumah sehat. Dari awal buka pada tanggal 28 Juli lalu, ada 12 warga yang menjalani perawatan. Dari 12 warga yang menjalani perawatan, 10 sudah  negatif dan sembuh. Sementara, dua warga lainnya dirujuk ke hotel asrama haji. Saat ini rumah sehat sudah kosong atau tidak ada warga yang perlu perawatan.

Kepulangan warga yang telah sembuh memperoleh sambutan haru oleh keluarga dan pihak kelurahan serta Kecamatan Tambaksari. Warga yang telah sembuh ini mendapat bantuan sembako dan mendapat sertifikat hasil negatif tes PCR. (mf)