Sri Mulyani, Dicecar Soal Makan Siang Gratis saat Rapat Kerja DPR RI

JAKARTA, MADU TV – Program makan siang gratis menjadi sorotan dalam rapat kerja Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Gedung DPR/MPR, Jakarta, pada Selasa (19/3/2024).

Hal ini karena beberapa waktu lalu, program tersebut menjadi pembahasan dalam rapat kabinet terbatas (RATAS), yang diyakini terkait dengan salah satu calon presiden. Meskipun kemudian dibantah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sri Mulyani memahami pentingnya menjaga etika komunikasi menjelang pemilihan presiden (PILPRES) hingga pengumuman KPU pada 20 Maret 2024 mendatang. Hal ini termasuk persiapan bersama tim transisi pemerintahan baru.

Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKS, Anis Byarwati, mempertanyakan asal usul anggaran program makan siang gratis tersebut. Sementara itu, anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PPP, Wartiah, juga ingin mengonfirmasi kabar yang beredar terkait dana makan siang gratis yang dikhawatirkan akan menggerus dana bantuan operasional sekolah (BOS), yang telah menimbulkan penolakan dari banyak guru.

Rapat kerja ini menjadi forum untuk mengklarifikasi dan menegaskan transparansi terkait program makan siang gratis yang dikelola oleh pemerintah. Pertanyaan dan kekhawatiran dari anggota DPR RI menyoroti pentingnya penggunaan anggaran publik secara efisien dan tepat sasaran.