Sri Mulyani Buka-Bukaan Sumber Dana untuk Biayai IKN Pada Rapat Kerja Komisi XI DPR RI

JAKARTA, MADU TV – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa masih ada anggaran cadangan yang dapat digunakan untuk membiayai proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) serta tambahan subsidi pupuk pada tahun 2024. Pengakuan ini disampaikan Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI pada Selasa (19/3/2024).

Sri Mulyani menjelaskan bahwa dana cadangan tersebut tidak hanya ditujukan untuk proyek IKN, tetapi juga untuk tambahan subsidi pupuk. Menurutnya, anggaran untuk kebutuhan pupuk dan IKN sebenarnya sudah dialokasikan di masing-masing kementerian dan lembaga terkait. Kemudian, Kementerian Keuangan menambahkan cadangannya di Anggaran Bendahara Umum Negara (BUN).

Meskipun demikian, Sri Mulyani menegaskan bahwa pihaknya tetap meminta kementerian dan lembaga terkait untuk tetap disiplin dalam penggunaan anggarannya. Dia menambahkan bahwa meskipun ada cadangan anggaran, Kementerian Keuangan tidak bisa langsung menyetujui setiap usulan penambahan anggaran.

Sebelumnya, Badan Otorita IKN telah meminta tambahan anggaran sebesar Rp 3,1 triliun untuk tahun 2024. Tambahan anggaran tersebut diperlukan untuk biaya kesekretariatan hingga penambahan sarana dan prasarana di IKN.

Sri Mulyani juga menegaskan pentingnya penggunaan anggaran yang efisien dan tepat sasaran demi keberlangsungan proyek-proyek strategis seperti IKN. Pengungkapan ini menjadi sorotan dalam rapat kerja antara Kementerian Keuangan dan Komisi XI DPR RI, menyoroti perencanaan dan pengalokasian anggaran negara yang harus dipertimbangkan secara cermat.