Sempat Hilang Kontak, 4 Orang Pendaki Gunung Kelud Asal Malang Ditemukan Selamat

BLITAR – Sebanyak 4 orang pendaki Gunung Kelud asal Malang akhirnya ditemukan, setelah sempat dilaporkan hilang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar Ivong Berttyanto mengatakan, empat pendaki itu melakukan pendakian pada Sabtu (24/9/2022).

Ivong mengungkapkan empat orang pendaki tersebut, diantaranya Edi Muhammad Sedayu (22), Faris (22), Andi Akbar (21), dan Eka Candra (21). Keempat orang ini merupakan warga Kecamatan Turen, Malang.

Dia menjelaskan, rombongan sejumlah 4 orang ini mendaki Gunung Kelud melalui jalur pintu masuk Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Mereka dilaporkan tersesat sekitar pukul 18.00 WIB di hari yang sama dengan hari keberangkatan oleh pengelola jalur pendakian Gunung Kelud Tulungrejo, Gandusari.

Mereka diduga tersesat karena salah ambil jalur dan kehabisan logistik.

“Iya benar, rombongan pendaki gunung kelud yang hilang sudah ditemukan dengan selamat Minggu siang,” katanya, Senin (26/09/2022).

Selama tersesat mereka sempat bertahan hidup dengan memakan tanaman mentah yang ada di sekitar mereka.

“Setelah koordinasi antar instansi terkait, akhirnya keempat pemuda ini berhasil ditemukan dan dievakuasi melalui jalur pendakian Gunung Kelud Karangrejo, Kecamatan Garum. Mereka dalam kondisi sehat dan sudah dipulangkan ke rumahnya masing-masing,” pungkasnya.(sk)