Connect with us

Ragam

Sedekah Hasil Bumi MTs Darul Falah Sumbergempol, Puncak Peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri

Diterbitkan

pada

Tulungagung  – Guru Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Sumbergempol Tulungagung Jawa Timur  punya cara berbeda dalam memperingati Maulid Nabi dan Hari Santri. Mereka laksanakan sedekah hasil bumi berupa ragam buah dan sayur pada Sabtu (23/10/2021). Kegiatan ini merupakan bentuk puncak rangkaian kegiatan sepekan peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri. Agenda ini menjadi bentuk syiar, ajakan untuk senantiasa bersedekah.

Menarik, gunungan setingi 1,5 sampai 2 meter berisi beragam hasil bumi. Ada dua gunungan yang guru MTs Darul Falah siapkan. Keduanya berisi buah-buahan dan sayur-sayuran yang menghiasi lingkar gunungan berbentuk kerucut raksasa.

Ragam buah dan sayur dalam gunungan merupakan hasil bumi yang para guru miliki. Di balik kokohnya gunungan buah dan sayur atau tumpeng raksasa ini, ada kerja sama para guru. Mereka menyiapkan buah dan sayur, meronce, menata, dan menghias tumpeng secara bersama.

Puncak peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri di MTs Darul Falah. Foto: Najib/*.

Kerja sama para guru dalam menyiapkan gunungan dapat menambah kekompakan, kerukunan, dan semangat sedekah para guru. “…Kami berharap, dengan momen ini, ke depan santri dan guru semakin sadar akan makna tolong menolong, bersedekah, dan berbagi. Madrasahnya bagus, guru dan santrinya punya karakter gemar sedekah.” ungkap M. Taufik, Wakil Kepala MTs Darul Falah.

 ”Pelaksanaan sedekah hasil bumi secara asik dan unik, bentuknya berupa gunungan hasil bumi. Ini baru kali pertama terlaksana. Kami berharap ke depan kegiatan seperti ini bisa terlaksana kembali,” jelas M. Taufik, S.Pd. Sebelum puncak acara ini, terdapat rangkaian kegiatan yang siswa laksanakan. Di antaranya, Musabaqah Fahmul Qur’an, lomba pidato, lomba baca puisi, dan lomba poster. Kegiatan seru lain seperti, berbagi ambeng, lomba tebak gaya dan balap karung. Guru-guru pun memiliki agenda lomba tersendiri. Dengan demikian, seluruh warga madrasah turut menyemarakkan gebyar Maulid Nabi dan Hari Santri 2021 ini. (*)

 

Continue Reading
Advertisement

Jawa Timur

Terjun di Zona Merah, Tim Gabungan BPBD Kediri Berhasil Evakuasi Korban

Diterbitkan

pada

Sumber : Hasil tangkap layar Youtube Redaksi Madu TV

Lumajang – Tim Gabungan Relawan BPBD Kota Kediri diterjunkan di zona merah pasca erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Sebelum keberangkatan, tim menggelar apel pemberangkatan tim SAR penyisiran dan evakuasi korban erupsi Gunung Semeru Senin (6/12) di lapangan Desa Sumberwuluh. Tim SAR gabungan terdiri dari TNI, POLRI dan Relawan.

Pencarian korban difokuskan di zona merah Gladak Perak yang mengalami kerusakan paling parah. Di mana jembatan putus dan jalan tertutup material longsoran letusan.

Basarnas memberikan tugas kepada Tim Gabungan Relawan BPBD Kota untuk melakukan proses evakuasi di ring zona merah Gladak Perak karena daerah tersebut rawan luncuran lahar dingin awan panas dan longsoran material letusan.

Ketua DPD PEKAT IB, Roy Kurnia Irawan mengatakan, mereka melakukan proses evakuasi di zona merah. Setelah sampai di lokasi, tim langsung melakukan proses penyisiran dari rumah ke rumah mencari korban yang mungkin belum sempat mengungsi.

Namun, tiba-tiba terjadi luncuran lahar dingin dan awan panas disertai bau belerang. Usai tim melakukan koordinasi dengan Ketua FPRB, Joko/Aji, tim memutuskan membawa sekitar 20 warga (lansia, wanita dan balita) untuk kembali ke posko pengungsi.

Selama dua hari di zona merah tim berhasil mengevakuasi sekitar 30 warga dengan menggunakan ambulance dan mobil evakuasi milik BPBD. (red)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

 

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: