Sahabat Boro Jarakan Hadir dan Berikan Kontribusi Penampil Jaranan saat Jalan Sehat Peringati Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Pendidikan Nasional

47

KEDIRI, MADUTV – Dewan Pengawas Pengiat Masyarakat Sahabat Boro Jarakan ( SaRoJa ) Kediri Raya Supriyo bersama anggotanya dan kelompok kesenian kuda lumping alias jaranan bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Aries Agung Paewai dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Anang Kurniawan serta PLT. Kepala Dinas Kabupaten Kediri Muhamad Muhksin hadir di jalan sehat peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Pendidikan Nasional.

Jalan sehat mengambil start dan finish di Kawasan Simpang Lima Gumul, Sabtu (25/5/2024) ini diikuti diikuti oleh puluhan ribu siswa dan guru SMA/SMK se-Kota dan Kabupaten Kediri.

Hadir pula PJ.Walikota Kediri Zanariah mengungkapkan,
Mengucap Syukur Alhamdulillah dalam mendekati akhir bulan Mei kita dapat dipertemukan dalam agenda jalan sehat ini. Melihat antusias peserta yang luar biasa saya jadi semakin semangat. Kegiatan ini bukan hanya sekedar kegiatan olahraga namun juga sebuah momentum menghidupkan semangat juang para pahlawan.

Pj Wali Kota Kediri juga mengungkapkan di era yang semakin _borderless,_ dunia pendidikan sedang mengalami perubahan yang cepat dan dinamis. Untuk itu saat ini negara sedang gencar-gencarnya mewujudkan profil pendidik dan pelajar Pancasila. Guna membentuk generasi penerus bangsa yang kokoh, berkarakter, dan berintegritas. “Bapak Ibu pendidik dihadapkan dengan berbagai tantangan. Seperti kurikulum yang terus berkembang, kebutuhan belajar yang beragam serta budaya sekolah yang belum kondusif dalam mendukung penerapan nilai Pancasila,” ungkapnya.

Zanariah menambahkan pendidik harus bisa cepat beradaptasi, harus terus _update_ untuk tingkatkan kompetensi, serta membiasakan _brainstorming_ dan kolaborasi. Demi meningkatkan kualitas pembelajaran. Kemudian untuk para siswa, dua atau tiga tahun lagi akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Manfaatkan momentum ini untuk menggali potensi. Dimana pun selalu menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan, keadilan, dan demokrasi. “Jadilah teladan generasi penerus yang berkarakter Pancasila. Untuk para pendidik mari jadikan momen ini untuk jalin dan perkuat sinergi guna mewujudkan kualitas pendidikan di Kediri semakin maju. Serta sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.(ef)