Polisi Terjunkan Water Canon, Berikan Bantuan Air Bersih

55

BLITAR, 16 November 2023 – Dalam upaya untuk membantu warga yang mengalami kesulitan akibat kekeringan yang berkepanjangan, Polres Blitar Kota dengan berani menggunakan meriam air, atau yang dikenal sebagai water canon, untuk tujuan yang sangat mulia: mengangkut dan mendistribusikan air bersih kepada warga Kelurahan Gedog, Kota Blitar, yang saat ini menghadapi krisis air.

Belasan keluarga di Lingkungan Tulungrejo telah merasakan dampak berat dari musim kemarau yang panjang, dengan sumur-sumur mereka mengering akibat fenomena El Niño. Mereka telah mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, memasak, dan mencuci. Meskipun sebagian daerah lainnya mulai mendapatkan hujan, Kota Blitar masih belum merasakan tetes air hujan sama sekali.

Menyikapi situasi yang mendesak ini, Polres Blitar Kota melalui unitnya menggunakan meriam air untuk mendistribusikan air bersih kepada warga setempat. Setiap pagi dan sore hari, mereka mengangkut sekitar 6 ribu liter air bersih ke Kelurahan Gedog dengan water canon. Langkah ini diambil sebagai bentuk solidaritas dan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

Supri, seorang warga yang telah merasakan dampak kekeringan selama sebulan terakhir, mengungkapkan rasa terima kasihnya. “Kami sangat bersyukur atas bantuan ini. Sumur kami sudah mengering, dan kami harus menunggu pasokan air bersih dari dermawan,” ujarnya.

Kasatsamapta Polres Blitar Kota, AKP Nanang Budiarto, menyatakan, “Kami berusaha untuk membantu warga yang mengalami kesulitan akibat kekeringan ini. Air adalah kebutuhan dasar, dan kami siap memberikan bantuan sebisa mungkin.”

Di Kota Blitar, ada dua wilayah kecamatan yang saat ini menderita akibat kekeringan yang berkepanjangan. Dampaknya telah dirasakan oleh puluhan keluarga yang menghadapi krisis bersih. Namun, dengan langkah positif yang diambil oleh Polres Blitar Kota, ada harapan bagi warga yang sedang berjuang melalui masa sulit ini.

Solidaritas dan kerjasama antara pihak berwenang dan masyarakat menjadi kunci dalam mengatasi tantangan ini. Semoga kebaikan ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk saling mendukung dalam situasi sulit dan menjadikan kota ini lebih kuat di masa depan.