Peringati Hari Wayang Dunia, Siswa Pentaskan Wayang Dari Bahan Alam Sekitar

Kediri – Memperingati hari wayang dunia, sejumlah siswa sekolah alam di Kota Kediri, Jawa Timur menggelar pentas wayang. Selain mengenalkan kesenian budaya leluhur, kegiatan pentas wayang ini dibuat dari bahan alam sekitar.

Saat siswa sekolah alam mementaskan kesenian wayang, layaknya dalang yang sudah mahir dalam melakonkan sebuah cerita wayang.

Uniknya, dalam pementasan wayang tersebut siswa siswi menggunakan wayang yang terbuat dari bahan alam sekitar.

Kegiatan pementasan wayang dilaksanakan di sekolah alam ramadhani, yang berada di Kelurahan Mojoroto Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Pementasan wayang tersebut juga dalam rangka memperingati hari wayang dunia yang jatuh pada tanggal 7 november.

Liana, guru pendamping sekolah alam ramadhani mengatakan, kegiatan pentas wayang untuk mengenalkan kepada anak anak didik, bahwa wayang yang biasanya terbuat dari bahan kulit, juga bisa dibuat dari bahan alam sekitar.

Wayang yang dipentaskan tersebut, dibuat mulai dari jenis dedaunan rumput maupun dari jenis lain dengan menyesuaikan kondisi alam sekitar sekolah.

Sementara, salah satu siswa mengaku senang dengan adanya kegiatan pementasan wayang. Dalam pementasan, dirinya mementaskan wayang yang terbuat dari bahan daun singkong. Dirinya juga mengatakan mengidolakan wayang dengan tokoh gatutkaca.

Diharapkan, dengan kegiatan ini siswa siswi dapat lebih mengenal dengan kesenian budaya wayang, agar generasi muda mencintai kesenian wayang dan dapat terus melestarikannya. (me)