Perdana Diberikan Pada Masyarakat, Pemkot Kediri Pastikan Vaksin Moderna Aman

93

Kediri – Sebanyak 1176 dosis vaksin moderna yang Pemkot Kediri terima mulai tersampaikan kepada masyarakat umum pada Senin (23/8/2021) di RSUD Gambiran Kota Kediri. Pemberian vaksin moderna kepada masyarakat ini sudah Pemerintah nyatakan aman. Namun demikian, untuk masyarakat umum, vaksin moderna hanya bagi masyarakat yang belum pernah menerima vaksinasi Covid-19 sama sekali.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, Fauzan Adhima, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Alfan Sugiyanto, mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan kabar bahwa vaksin moderna memiliki efek samping yang besar. Hal tersebut karena pemerintah menjamin semua vaksin yang itu aman dan memiliki manfaat.

“Untuk vaksin moderna ini Pemerintah jamin keamanannya. Jadi, masyarakat tidak perlu pilih-pilih dan takut dalam menerima vaksinasi,” ungkap Alfan Sugiyanto, Senin (23/8).

Alfan Sugiyanto menambahkan bahwa mengenai efek samping dari vaksin moderna yang terasa itu semuanya normal. Pihaknya menjelaskan bahwa setiap vaksin memilik kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang berbeda-beda.

Lebih lanjut untuk pemberian vaksin moderna dosis pertama ini terlaksana dengan 2 cara pendaftaran yaitu online dan offline. Untuk yang mendaftar melalui online vaksinasi di RSUD Gambiran Kota Kediri. Lalu yang mendaftar melalui offline vaksinasi di RS Muhammadiyah dan RSU Dhaha Husada.

Pemkot Kediri terus melakukan percepatan vaksinasi untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Kediri. Selain vaksinasi jenis moderna yang diberikan, Pemkot Kediri juga memberikan vaksinasi kepada usia 12 sampai 17 tahun dengan jenis vaksin Sinovac di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Kediri. Adapun pemberian vaksin dengan jenis Astrazeneca di RS Baptis Kota Kediri. Percepatan vaksinasi ini terus Pemkot Kediri lakukan guna menghasilkan herd immunity yang baik di Kota Kediri. (me)