KEMERIAHAN KIRAB BUDAYA DALAM RANGKA HARI JADI LUMAJANG KE-767

84

LUMAJANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menggelar Kirab Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-767, Kamis (15/12/2022). Dalam kirab ini, peserta menggunakan pakaian adat khas setempat.

Kirab dimulai sekira pukul 08.00 WIB. Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Indah Amperawati menjadi peserta paling depan dan diikuti pimpinan DPRD, serta unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) lainnya, hingga kepala satker.

Kirab dimulai dari Pendopo Arya Wiraraja, di mana para peserta tampak elegan dengan pakaian khas Lumajang pada jaman kerajaan hingga pada saat penjajahan.

Sepanjang jalan dari pendopo menuju Alun-alun Lumajang, warga tampak antusias menyaksikan prosesi Kirab Harjalu ke-767. Bahkan sebagian di antaranya meminta foto bareng dengan Bupati dan Wabup Lumajang.

Selama menempuh rute kirab, rombongan Bupati, Wabup dan pimpinan DPRD Lumajang yang diiringi oleh pasukan khas kerajaan juga menyapa masyarakat yang menyaksikan kirab dari pinggir jalan.

Prosesi selanjutnya dilakukan di Alun-alun Lumajang sebelah utara. Prosesi diawali dengan sendratari dengan panduan alat musik tradisional, sebelum bagi tumpeng dilakukan.

Sejumlah warga yang hadir terlihat menyiapkan kantong plastik untuk persiapan rebutan segala macam sayuran dan buah dari hasil petani se-Kabupaten Lumajang yang dibawa rombongan kirab.