Meriahnya Semangat Kemerdekaan: Tahanan Mapolres Blitar Kota Meriahkan HUT RI ke-78 dengan Lomba Makan Kerupuk

34

Blitar – Semarak perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 terasa begitu menggelora di Mapolres Blitar Kota. Tidak hanya sebatas para anggota kepolisian, namun suasana hangat kemerdekaan turut dirasakan oleh puluhan tahanan yang tengah mendekam di ruang tahanan tersebut. Mereka tak ketinggalan mengambil bagian dalam lomba makan kerupuk yang digelar sebagai bagian dari rangkaian perayaan tersebut.

Meskipun di balik jeruji, semangat merayakan kemerdekaan tidak pernah surut bagi tahanan di Mapolres Blitar Kota. Pagi itu, 25 orang tahanan dengan berbagai latar belakang usia turut meramaikan lomba makan kerupuk yang diadakan di dalam ruang tahanan. Keberagaman peserta nampak begitu memukau, dari tahanan muda hingga yang sudah memasuki usia lansia, semuanya kompak meriahkan kegiatan yang tak biasa ini.

Tidak hanya sekadar kebersamaan dan kegembiraan yang dirasakan, namun juga hadiah-hadiah menarik yang menanti para pemenang. Dalam semangat berbagi, Kapolres Blitar Kota, AKBP. Danang Setiyo Pambudi, menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan kebahagiaan kepada para tahanan. Meskipun mereka tengah berada dalam masa tahanan, hak mereka untuk merasakan kegembiraan dan kebebasan tetap diakui dengan sepenuh hati.

“Melalui lomba makan kerupuk ini, kami ingin memberikan pesan bahwa semangat kemerdekaan tidak terkungkung oleh keadaan apapun. Para tahanan juga memiliki hak untuk merasakan suka cita dan semangat perjuangan yang sama dalam merayakan hari bersejarah ini,” ujar AKBP. Danang Setiyo Pambudi, Kapolres Blitar Kota, dengan penuh semangat.

Dalam lomba yang penuh tawa dan canda ini, para peserta beradu cepat dalam makan kerupuk yang digantung pada tali rafia. Suasana penuh keceriaan terpancar dari wajah-wajah mereka, baik dari tahanan muda yang penuh semangat maupun dari tahanan lansia yang tetap antusias mengambil bagian. Momen ini memberikan gambaran nyata bahwa semangat kemerdekaan dan kebersamaan tidak mengenal batas usia ataupun kondisi.

Tidak hanya mengandalkan semangat juang semata, hadiah-hadiah menarik pun telah dipersiapkan untuk para pemenang lomba. Selain bingkisan berupa coklat, pemenang juga berkesempatan membawa pulang kain sarung dan sajadah sebagai bentuk apresiasi dari kepolisian. Kegembiraan dan semangat persatuan begitu terasa, menjadikan momen ini sebagai pengingat bahwa makna kemerdekaan sejati tidak hanya berada di luar, namun juga bisa dirasakan dari dalam hati setiap individu.

Dengan semangat kemerdekaan yang berkobar, tahanan di Mapolres Blitar Kota berhasil merayakan HUT RI yang ke-78 dengan penuh suka cita. Mereka membuktikan bahwa meski terhalang fisik, semangat kemerdekaan dan persatuan tetap membara di hati setiap warga negara, tak terkecuali bagi mereka yang sedang dalam masa tahanan. Momen lomba makan kerupuk ini bukan hanya lomba biasa, melainkan simbol semangat tak terbatas untuk terus merayakan kemerdekaan dalam setiap situasi.