Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas Resmikan Lima Mal Pelayanan Publik di Jawa Timur

181

Tulungagung, 18 Juli 2023 – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, secara serentak meresmikan lima Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jawa Timur pada Selasa (18/07). Peresmian ini menjadi tonggak penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien di daerah.

Peresmian MPP dilakukan di Kabupaten Tulungagung dan dihadiri oleh masing-masing bupati dan wali kota dari wilayah terkait, serta disaksikan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa. Menteri Anas dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi yang tinggi kepada lima kepala daerah yang telah berkomitmen dan bekerja keras untuk menghadirkan MPP di wilayahnya masing-masing.

Menteri Anas juga berharap kehadiran MPP ini dapat mendorong digitalisasi pelayanan yang nantinya akan diwujudkan dalam MPP Digital. Lima MPP yang diresmikan pada hari ini adalah Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Malang, Kabupaten Sampang, dan Kota Pasuruan. Keberadaan MPP di setiap wilayah ini diharapkan akan memudahkan akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang cepat, transparan, dan berkualitas.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, yang hadir dalam peresmian ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Menteri Anas dan Kementerian PANRB atas perhatian yang diberikan kepada daerahnya. Ia mengungkapkan keyakinannya bahwa MPP akan menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas Resmikan

Tidak hanya itu, Bupati Malang, Sanusi, Bupati Pacitan, Indrata Nurbayuaji, Kepala DPMPTSP Kabupaten Sampang, Majid Syamroni, serta Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Rudyanto, juga turut berpartisipasi dalam acara peresmian ini. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik dan lebih modern.

Staf Khusus Menteri PANRB Bidang Pelayanan Publik, Wanto Sugito, dan Staf Khusus Menteri Bidang Inovasi Pemerintahan, Eri Irawan, juga turut menghadiri acara tersebut. Keberadaan mereka sebagai perwakilan dari Kementerian PANRB menunjukkan dukungan penuh dalam implementasi program MPP ini.

Acara peresmian MPP juga dihadiri oleh Asisten Deputi Standardisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif, Noviana Andrina, serta para Forkopimda di Kabupaten Tulungagung. Mereka berperan penting dalam menjalin sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, sehingga pelayanan publik yang berkualitas dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Dengan peresmian lima MPP di Jawa Timur ini, diharapkan bahwa pelayanan publik di daerah ini akan semakin baik dan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Kehadiran MPP Digital juga menjadi tantangan yang harus dihadapi, namun dengan semangat kolaborasi dan inovasi, hal tersebut dapat diatasi dengan baik.

Menteri Anas dan seluruh pihak yang terlibat dalam peresmian MPP ini berharap agar inisiatif yang diambil dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan sektor pelayanan publik di Jawa Timur. Pelayanan yang lebih baik akan memberikan kontribusi signifikan dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, dan akuntabel untuk kepentingan masyarakat luas./ibnu