Menko Polhukam Pimpin Rakor Antisipasi Karhutla di KLHK

JAKARTA, MADU TV – Menko Polhukam Hadi Tjahjanto bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) untuk membahas antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2024. Dalam rapat tersebut, mereka membahas strategi dan langkah-langkah untuk mencegah dan mengatasi potensi kebakaran hutan dan lahan yang dapat terjadi.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menjelaskan pentingnya upaya bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan berbagai pihak terkait dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat serta lingkungan dari ancaman kebakaran hutan dan lahan. “Kerjasama lintas sektor dan lintas wilayah sangat diperlukan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla demi menjaga kelestarian lingkungan dan keamanan nasional,” ujar Menko Polhukam.

Dalam rakor ini, diharapkan akan dihasilkan langkah-langkah konkret untuk memperkuat sistem pemantauan, penegakan hukum, peningkatan kapasitas personel, dan penggunaan teknologi terkini dalam mendeteksi dini serta merespons kebakaran hutan dan lahan. Selain itu, akan dibahas juga strategi komunikasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan dan lahan serta mencegah praktek-praktek yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

Rakor ini menjadi bukti komitmen pemerintah dalam menghadapi ancaman Karhutla secara serius dan proaktif. Langkah-langkah preventif dan responsif yang efektif diperlukan untuk mengurangi risiko kebakaran hutan dan lahan yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan, kesehatan masyarakat, dan ekonomi nasional.