Makam Guru Musik WR Supratman Tak Terurus

135

Tulungagung – Sebuah makam tokoh musik bangsa di Kabupaten Tulungagung tidak terurus. Makam tersebut merupakan makam guru musik WR Supratman. Selain jarang mendapat kunjunagn peziarah, lokasi pemakaman juga penuh dengan ilalang. Pemerintah setempat kurang memperhatikan keberadaan makam ini. Bahkan tidak ada papan penunjuk serta keterangan sejarah sosok tersebut.

Sosok sastrodihardjo sendiri diketahui merupakan kakak ipar sekaligus guru musik WR Supratman. Dari berbagai literasi WR Supratman belajar menggesek biola pada Sastrodihardjo. Bahkan sastrodihardjo juga memberikan biola ke WR Supratman, yang kemudian digunakan untuk memainkan lagu indonesia raya pada kongres pemuda.

WM Sastrodihardjo sendiri merupakan indo belanda, dan mempunyai nama asli Willem Martinus Van Eldik. Pria yang bekerja sebagai sersan tentara kerajaan hindia belanda, knil, ini kemudian menikah dengan kakak perempuan WR Supratman, Rukiyem. Hanya terdapat sedikit keterangan pada batu nisan, yang menjelaskan bahwa almarhum merupakan guru musik WR Supratman. Hal ini diperkuat dengan surat keputusan yang keluar oleh departemen penerangan kabupaten tulungagung pada 1979.

Keberadaan makam tokoh ini tidak banyak masyarakat ketahui. Makam ini jarang sekali mendapat kunjungan peziarah. Sehingga kondisinya kurang terawat. Juru kunci makam sendiri berharap kepada pemerintah, agar memperhatikan keberadaan makam tokoh ini. Pemerintah bisa membantu membuat papan keterangan, menurut juru kunci makam, agar masyarakat bisa memahami sejarah WM Sastrodihardjo.

Meskipun belum mendapat penetapan sebagai pahlawan nasional, namun peran WM Sastrodihardjo sangat penting bagi sejarah bangsa ini. Sudah selayaknya pemerintah memberikan perhatian terhadap keberadaan makam tersebut. (bp)