Kunjungan Tim Verifikasi Srena Polri Di Mapolres Trenggalek, Cek Penyelenggaraan Pelayanan Publik

45
Mapolres Trenggalek mengikuti pelaksanaan pelayanan publik

TRENGGALEK – Kunjungan yang dipimpin oleh Kabagjianalis Ro RBP Srena POLRI, Kombes Pol Imam Mughni S.I.K., dan didampingi oleh Kabag RBP Rorena Polda Jatim, Kombes Pol Ir. Supriyono Sugiarto, di Mapolres Trenggalek menjadi momen penting yang memancarkan semangat positif terkait pelaksanaan pelayanan publik di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, Kombes Pol Imam Mughni menyampaikan apresiasi tinggi atas pelaksanaan pelayanan publik yang dinilai sangat baik. Prestasi ini tercermin dari capaian nilai A- sejak tahun 2022 dan predikat WBK dari Kemenpan RB sejak tahun 2018. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa penerapan standar pelayanan telah dilakukan dengan baik, menjadikan Mapolres Trenggalek sebagai salah satu pelopor dalam kategori penyelenggaraan pelayanan unit publik lingkup Kepolisian Negara Republik Indonesia tahun 2022.

Penilaian dilakukan dengan sejujur-jujurnya, mengacu pada kebijakan pelayanan seperti standar, maklumat pelayanan, sistem antrean, dan survei kepuasan masyarakat. Pemeriksaan juga melibatkan aspek profesionalisme SDM, sarana prasarana penunjang, sistem informasi publik, serta konsultasi dan pengaduan, bersama dengan berbagai inovasi yang telah diimplementasikan.

Kapolres Trenggalek, AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si., yang diwakili oleh Wakapolres Kombol Muhamad Khoiril S.Pd., M.H., menyatakan bahwa seiring dengan program nasional di bidang reformasi birokrasi, Polres Trenggalek telah melaksanakan kebijakan-kebijakan dari pimpinan POLRI secara berjenjang dan berlanjut hingga ke Polsek.

Polres Trenggalek aktif mendukung program Quick Wins Presisi dengan rencana capaian tingkat kepercayaan publik sebesar 80%, yang merupakan peningkatan dari sebelumnya yang berada di angka 78%. Bahkan, dari penilaian penyelenggaraan pelayanan publik oleh Pemerintah Pusat tahun 2022 oleh Tim Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Polres Trenggalek berhasil meraih skor 86,76, mencatatkan diri sebagai yang tertinggi di jajaran Polda Jawa Timur.

Kesuksesan ini menjadi pendorong bagi Polres Trenggalek untuk terus berinovasi, menjaga standar pelayanan yang tinggi, dan memperkuat keterlibatan masyarakat guna menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan penuh kepercayaan. Semangat reformasi birokrasi terus membawa perubahan positif, dan Polres Trenggalek merupakan teladan dalam mewujudkannya.