Ibu Iriana Dan Oase Kim Ajak Masyarakat Buat Pupuk Kompos Bersama

67

DI YOGYAKARTA – Ibu Iriana Joko Widodo dan sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) telah mengambil inisiatif luar biasa dengan mengajak masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan pembuatan pupuk kompos dari sampah organik di rumah tangga. Ajakan yang disampaikan oleh Ibu Iriana ini merupakan langkah konkret dalam mewujudkan gaya hidup yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab terhadap keberlanjutan planet kita.

Suara Iriana Jokowi menjadi pemandu semangat dalam kegiatan ini, memberikan inspirasi kepada banyak orang untuk berpartisipasi aktif dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi limbah sampah. Melalui kegiatan pembuatan kompos bersama perwakilan PKK, DEKRANASDA, dan aktivis lingkungan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), masyarakat diajak untuk merespons tantangan zaman dengan tindakan nyata.

Pembuatan pupuk kompos adalah salah satu langkah penting dalam menerapkan gaya hidup minim sampah. Ibu Iriana dengan tegas menyatakan betapa pentingnya kegiatan ini dalam mengurangi volume sampah organik yang biasanya berakhir di tempat pembuangan akhir. Kompos yang dihasilkan dari sampah organik dapat menjadi sumber nutrisi yang berguna bagi tanaman, membantu mengurangi penggunaan pupuk kimia, dan mendukung pertanian yang berkelanjutan.

Selama acara tersebut, Ibu Iriana juga berinteraksi dengan para peserta, mengajukan pertanyaan tentang jenis sampah di rumah tangga yang dapat dijadikan kompos. Hal ini menunjukkan kesungguhan dan keinginannya untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang proses ini.

Sebelumnya, Ibu Iriana beserta anggota OASE KIM juga memberikan contoh nyata dengan melakukan penanaman pohon kepel atau Stelechocarpus burahol di Taman Gedung Seni Sono. Tidak hanya itu, mereka juga menyumbangkan 1.000 bibit pohon mangga untuk wilayah DIY. Tindakan ini mencerminkan komitmen mereka dalam menjaga ekosistem dan keanekaragaman hayati, serta berperan dalam menghijaukan Indonesia.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Ibu Iriana dan OASE KIM ini adalah contoh nyata bagaimana kepemimpinan yang peduli terhadap lingkungan dapat menginspirasi masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Semoga ajakan ini menjadi semangat bagi kita semua untuk berkontribusi dalam upaya melestarikan bumi kita, serta mendorong perubahan positif dalam cara kita berinteraksi dengan alam.