Frekuensi KA bertambah, KAI Daop 7 Madiun Tingkatkan Pengawasan masa Angkutan Lebaran

KEDIRI, MADUTV – PT Kereta Api Indonesia Daerah Daop 7 Madiun meningkatkan pengawasan untuk menciptakan keselamatan dan memastikan perjalanan kereta api selama musim angkutan Lebaran 2024 berjalan dengan aman.

Pada masa angkutan lebaran bukan hanya petugas keamanan yang kami tambahkan untuk melayani penggunajasa namun KAI juga menambah sejumlah petugas untuk mengawasi jalur KA dan sejumlah titik yang perlu pengawasan tambahan.
Sebanyak 45 personel ekstra yang terdiri dari 32 petugas pemeriksa jalur ekstra, 10 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 3 petugas daerah pemantauan khusus.

Manager Humas Daop 7 Madiun, Kuswardojo, menjelaskan bahwa sebanyak 108 perjalanan kereta api dioperasikan selama musim angkutan Lebaran. Untuk menjamin keselamatan pelanggan dan perjalanan kereta api, Daop 7 Madiun telah mengambil sejumlah langkah preventif yang meliputi peningkatan jumlah petugas pemeriksa jalur kereta, peningkatan frekuensi patroli di sepanjang jalur kereta api, dan penerapan double pemeriksaan sebelum setiap perjalanan.

“Peningkatan pengawasan ini dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan pelanggan selama masa angkutan lebaran,” kata Kuswardojo.

Perjalanan kereta api di Daop 7 Madiun selama musim angkutan Lebaran berlangsung lancar dan aman. KAI Daop 7 Madiun berharap keselamatan perjalanan tetap terjaga dengan tambahan dukungan aktif dari masyarakat, baik dalam pengawasan jalur kereta api maupun kedisiplinan di perlintasan sebidang.

Selain itu, Kuswardojo juga menginformasikan bahwa permintaan layanan kereta api di stasiun-stasiun wilayah Daop 7 Madiun masih tinggi. Hingga tanggal 17 April 2024 (H+6), sebanyak 15.721 pelanggan menggunakan kereta api, dengan Stasiun Madiun menjadi yang terpadat. Sebanyak 2.987 penumpang akan berangkat dari Stasiun Madiun, sedangkan 6.043 penumpang akan tiba.

Selain Stasiun Madiun, berikut naik turunnya penumpang di beberapa Stasiun Utama wilayah Daop 7 Madiun pada 17 April 2024 (H+6) tercatat:

Stasiun Kediri: Naik 1.001, Turun 780
Stasiun Jombang: Naik 835, Turun 763
Stasiun Kertosono: Naik 751, Turun 588
Stasiun Tulungagung: Naik 850, Turun 474
Stasiun Blitar: Naik 718, Turun 495

Kuswardojo menambahkan, berdasarkan data volume naik turun penumpang dari tanggal 31 Maret hingga 17 April di Daop 7 Madiun, telah terlayani sebanyak 159.317 penumpang berangkat dan 184.226 penumpang tiba. Angka ini mencerminkan tingginya permintaan akan layanan kereta api di wilayah kami selama periode liburan ini.

“Kami mengimbau kepada para penumpang untuk memperhatikan dengan cermat jadwal keberangkatan dan kedatangan, serta memastikan kedatangan tepat waktu agar tidak mengalami keterlambatan yang tidak diinginkan,” pungkas Kuswardojo.(ef)