Eksotika dan Pesona Pantai Greenthing Beach di Paiton Probolinggo, Di Minati Wisatawan

110

PROBOLINGGO, MADUTV – Keindahan dan Pesona Pantai Greenthing atau Greenthing Beach yang berlokasi di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur di buru wisatawan.

Kebanyakan wisatawan yang datang, merupakan para pelajar yang tengah mengisi libur sekolah. Selain untuk menikmati keindahan alam yang ada, mereka juga sengaja datang, untuk berwisata edukasi mencari kerang. Di Pantai Greenthing, pengunjung bisa mengetahui sejumlah jenis kerang, karena keberadaan hewan laut bertubuh lunak dan memiliki cangkang tersebut, memang tersedia cukup melimpah di pantai setempat.

Biasanya hewan laut ini, tersembunyi di balik hamparan pasir yang ada. Ada dua jenis kerang yang biasanya kerap ditemukan di daerah pesisir pantai Greenthing. Yakni jenis kerang buluh dan kerang kepah. Biasanya, diameter kerang yang ditemukan berukuran sebesar 25 milimeter hingga 75 milimeter. Selain itu, kondisi pantainya yang cukup asri disertai rimbunnya pepohonan mangrove dan cemara laut, membuat pengunjung betah berlama-lama menghabiskan libur sekolah di pantai setempat.

Seperti yang diungkapkan Muhammad Alfatih, salah seorang pelajar yang berwisata ke Pantai Greenthing. Hampir tiap libur sekolah, ia mengaku selalu berkunjung ke pantai setempat.
Alfatih menyebut, mengisi libur sekolah di Pantai Greenthing memiliki keasyikan tersendiri, karena bisa berwisata sambil mencari kerang. “Tiap libur sekolah, memang sering kesini bareng keluarga dan teman, buat mencari kerang. Kalau dapat ya untuk dimasak di rumah,” ungkapnya

Senada dikatakan Rozak, salah seorang mahasiswa asal Madura yang menimba ilmu di Probolinggo. Menurutnya keseruan berwisata di Pantai Greenthing, karena bisa mencari kerang sembari menikmati sunsetnya yang eksotik. “Ke Pantai ini memang cari kerang sambil jalan-jalan sore, kebetulan jadwal kuliah sudah selesai,”terangnya.

Untuk mendapatkan seekor kerang buluh maupun kerang kepah, tak perlu menggunakan teknik khusus. Anda hanya perlu kesabaran saat menggali pasir pantai sembari merogoh-rogoh pasir yang ada.
Sementara salah seorang pengelola Pantai Greenthing, Farhan Abbas, menyarankan bagi pengunjung yang hendak mencari kerang sebaiknya datang pada sore hari. Sebab di waktu tersebut kondisi air laut tengah surut.

Di waktu tersebut, pengunjung dapat lebih mudah berburu kerang buluh maupun kepah. Farhan menyebut, animo masyarakat yang berwisata ke Pantai Greenthing biasanya, akan semakin ramai saat akhir pekan. Biasanya Sabtu dan Minggu ramainya pengunjung, rata-rata sekitar 100 orang, bahkan lebih,” katanya.(Gus)