Dorong Pariwisata di Bromo, LPS Bantu Gedung di Taman Wisata Edelweiss

94

PASURUAN – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melalui program corporate social responsibility (CSR) terus mendorong peningkatan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat. Terbaru, LPS membantu pembangunan Gedung Javanica Graha di Taman Wisata Edelweiss, Desa Wonokitri, Kawasan Bromo. Sebelumnya, pada tanggal 3 Maret 2024, LPS telah melaksanakan peresmian gapura pintu masuk Taman Wisata Edelweiss, serta peletakan batu pertama untuk pembangunan gedung tersebut.

“Ke depan dengan adanya gedung ini, diharapkan aktivitas masyarakat khususnya dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan akan meningkat. Dan jika meningkat maka akan semakin terkenal kawasan ini. Terkait pemberdayaan UMKM, diharapkan juga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan semakin terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” ujar Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa seusai meresmikan Gedung Javanica Graha, Taman Wisata Edelweiss, di Kawasan Bromo, Pasuruan, Jawa Timur, pada Rabu (03/07/2024).

Kenapa memilih Kawasan Bromo sebagai lokasi CSR, Purbaya mengatakan pemilihan Kawasan Bromo tidak terlepas dari LPS yang baru saja membuka Kantor Perwakilan di Jawa Timur, atau tepatnya di Surabaya.

“Kita mencari yang bisa membangkitkan perekonomian masyarakat, dan kebetulan LPS juga telah membuka Kantor Perwakilan di Jawa Timur. Bagi LPS sendiri, hal ini juga bertujuan agar LPS semakin dikenal oleh masyarakat. Supaya masyarakat semakin mengenal LPS dan masyarakat tahu bahwa uangnya dijamin, sehingga jika ada permasalahan di bank, maka masyarakat tidak merasa khawatir dan berbondong bondong mengambil uangnya di bank, sehingga perekonomian kita relatif lebih stabil,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, PJ Bupati Pasuruan Andryanto mengungkapkan apresiasinya, dia pun berharap dengan adanya bantuan dari LPS ini, maka pariwisata di Kawasan Bromo juga ikut meningkat.

“Sudah barang tentu kami masyarakat Pasuruan berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada LPS yang telah membantu, yang insya Allah akan lebih menambah kunjungan wisatawan ke daerah ini, terlebih wisatawan asing yang datang kesini dapat lebih mendapatkan pelayanan optimal,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, selain ikut mendorong peningkatan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan UMKM, LPS menurutnya juga berencana akan turut serta dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayahnya.

“Kemudian dari hasil diskusi sekilas tadi, LPS rencananya juga akan membantu di bidang pendidikan, tentunya dengan bantuan LPS tidak hanya membangkitkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, tapi juga akan meningkatkan kualitas SDM nya,” pungkasnya.

Adapun, Javanica Graha memiliki arti, Graha berasal dari Bahasa Jawa Kuna yang berarti bangunan, dan Javanica diambil dari nama salah satu bunga edelweiss yaitu anapehalis javanica yang berarti keabadian / langgeng. Gedung Serbaguna Javanica Graha diharapkan menjadi tempat yang dapat memberikan rasa nyaman bagi setiap pengunjung dan menjadi tempat yang langgeng (abadi) seperti halnya bunga edelweiss.

Dalam proses pembangunan, LPS memilih tenaga ahli sipil bersertifikasi dalam perencanaan strukturnya, serta dalam proses pembangunannya diawasi langsung secara berkala oleh perwakilan Ikatan Arsitektur Indonesia.(red)