Didominasi Yang Berpengalaman, Panitia Pemungutan Suara Pilkada 2024 Dilantik KPU Kota dan Kab.Kediri

37

KEDIRI, MADUTV – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/ Kota Kediri melantik dan mengambil sumpah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pelaksanaan pelantikan anggota PPS Kota Kediri, bertempat di hotel Grand Surya, jalan Dhoho Kota Kediri, Minggu (25/5/2024).

Anggota PPS yang dilantik sebanyak 138 orang, bertugas di 46 Kelurahan dari tiga kecamatan di Kota Kediri, yakni Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Kota dan Kecamatan Pesantren.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri Bawaslu Kota Kediri dan jajaran komisioner, Camat, Kepala Kelurahan se-Kota Kediri, perwakilan Polri dan TNI, PPS yang dilantik.

Ketua KPU Kota Kediri, Pusporini Endah Palupi, menyampaikan, sebanyak 138 orang anggota PPS hari ini dilantik dan diambil sumpah. Dari 46 Kelurahan di Kota Kediri, masing masing Kelurahan 3 orang yang dilantik.

“PPS yang dilantik, yang lama sejumlah 84 personil dan yang baru sejumlah 54 personil, terdiri dari 27 laki-laki dan 27 perempuan. Untuk itu kami juga Mohon untuk PPS yang baru untuk segera bisa beradaptasi dengan tugas dan porsi dari PPS, “jelasnya.

Bu Puspo panggilan Ketua KPU Kota Kediri juga mengucapkan selamat kepada PPS yang barusan dilantik untuk bertugas di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur, Walikota dan Wakil Walikota di Pilkada tahun 2024. “Semoga bisa menjaga amanah. Kemudian juga bisa menghayati dan melaksanakan integritas yang sudah seperti dibacakan oleh perwakilan dari PPS, “ungkapnya.

Lebih lanjut, Ketua KPU Kota Kediri juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kediri yang sudah memfasilitasi terkait dengan pelaksanaan perekrutan adhoc untuk Pilkada 2024 dan sekaligus memfasilitasi terkait dengan cek kesehatan.

“Alhamdulillah semuanya gratis. Perlu saya sampaikan juga di kesempatan hari ini, bahwa dengan adanya PPS yang baru kami mohon dukungan dan support dari bapak ibu kepala Kelurahan, Mohon untuk dibimbing. Mungkin yang bersangkutan belum paham terkait dengan wilayah kerjanya, kemudian dia juga belum kenal dengan tiga pilar, RT/RW kami mohon dibimbing sehingga kegiatan pelaksanaan Pilkada di Kota Kediri bisa berjalan lancar, “ucapnya.

Diharapkan untuk PPS yang baru lantik bisa melaksanakan sesuai tugasnya masing masing. Perlu diketahui, untuk masa tugas PPS terhitung mulai hari ini sampai dengan nanti tanggal 27 Januari 2025 atau 8 bulan dengan honor untuk Ketua 1.500.000 Kemudian untuk anggota 1.300.000.

Sementara itu, dihari yang sama dan tempat yang berbeda, di gedung Bagawanta Bahari, KPU Kabupaten Kediri juga melaksanakan kegiatan yang sama, pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik serta diambil sumpah.

Pelantikan PPS untuk Pemilihan Gubener dan Wakil Gubenur, Bupti dan Wakil Bupati di Pilkada tahun 2024 dari 26 Kecamatan se-Kabupaten Kediri ada sebanyak 1.032 orang.(ef)