Bawaslu Kab Kediri Lantik 78 Panwascam dan di Dominasi Wajah Lama

23

KEDIRI, MADUTV – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kediri melantik sebanyak 78 pengawas pemilu kecamatan (panwascam) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.Dan Panwascam yang terpilih wajah lama 43 orang dan 35 wajah baru.

Pelantikan dan pembekalan dilaksanakan di Hotel Grand Surya Jalan Dhoho Kota Kediri, Jumat (24/5/2024) pukul 14.00 WIB. Dihadiri Ketua Bawaslu Kab Kediri, jajaran Bawaslu, Komisioner KPU Kab Kediri, Ketua Parpol, Perwakilan TNI dan Polri, Camat seKabupaten Kediri dan puluhan Panwascam yang dilantik.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidudin Zuhri mengatakan hari ini Bawaslu melakukan pelantikan panwascam untuk Pilkada tahun 2024. Dari 26 Kecamatan seKabupaten Kediri ada 78 orang panwascam.

“Untuk perekrutan panwascam sudah melalui eksisting dan proses perekrutan baru untuk panwascam. Hasilnya panwascam yang terpilih wajah lama 43 orang dan 35 wajah baru,” ucapnya.

Lanjut Saifudin bahwa untuk mekanisme syarat perekrutan panwascam awa melakukan pendaftaran pemberkasan sesuai ketentuan umur minimal 21 tahun, tidak terkait sipol dan tidak pakai narkoba.

“Selanjutnya dilakukan CAT dan lolos kita ambil sesuai kebutuhan dengan tes wawancara. Panwascam yang lama untuk evaluasi penilaian kinerja teman-teman panwascam yang kemarin kita sampaikan ke Bawaslu Provinsi dinilai kembali dan kalau hasilnya baik kita terima untuk ditetapkan lagi,”ujarnya.

Menurutnya setelah dilantik Panwascam sendiri mememiliki tugas utama melakukan pengawasan, pencegahan dan juga melakukan penindakan dalam penyelenggaraan dari tahapan Pilkada 2024.

“Ketika dalam proses tahapan pilkada ada yang melanggar,” ungkapnya.

Saifudin juga berpesan buat panwascam baik yang lama dan baru untuk kerja lebih baik lagi supaya pilkada di Kabupaten Kediri bisa berjalan dengan sukses sesuai peraturan perundang-undangan yang ada.(ef)