322 Dusun Terdampak Kekeringan, Bupati Pamekasan Terjunkan 8 Armada Distribusian Air Bersih

PAMEKASAN – Sebanyak 322 Dusun di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa timur, terdanpak kekeringan akibat musim kemarau, Senin (26/09/2022).

Ratusan Dusun yang terdampak kekeringan tersebut meliputi 72 Desa dari 9 Kecamatan yang ada di wilayah Pamekasan. Namun 3 Kecamatan lain yang tidak terdampak kekeringan diantaranya, Kecamatan Galis, Kota Pamekasan dan Pakong.

Mengatasi Kekeringan di beberapa wilayah, Bupati Pamekasan mendistribusikan air bersih dengan menggerakan 8 armada truk tangki untuk menyuplay kebutuhan air bersih ke masyarakat.

“Kami telah menggerakkan tim dari BPBD untuk menangani kekeringan di beberapa wilayah di Pamekasan, dengan cara meluncurkan program khusus bernama ‘Besti Berdering’ atau Bersama Bupati Bereskan Desa Kering,” kata Baddrut Tamam, Bupati Pamekasan.

Baddrut Tamam menambahkan, per hari ini, pendistribusian bantuan air bersih ke 322 dusun di 72 desa yang tersebar di sembilan kecamatan sudah mulai dilakukan.

“Kali ini kami sudah mendistribusikan air bersih ke setiap Desa yang terdampak krisis air bersih,” ucapnya.

Badrut Tamam menambahkan, bantuan distribusi air bersih merupakan salah satu program yang dilakukannya. Selain itu program lain yang dilakukan adalah pengeboran di sejumlah desa terdampak kekeringan, hal itu dilakukan untuk mengatasi krisis kekeringan air bersih pada tahun 2023 mendatang.(riz)