UPAYA TINGKATKAN PENGGUNAAN PRODUK DALAM NEGERI, WALI KOTA BERI ARAHAN PEJABAT TERKAIT

33

MADIUN – Penggunaan produk dalam negeri terus ditingkatkan di Kota Madiun. Bahkan, Wali Kota Madiun Maidi menargetkan penggunaan produk dalam negeri dapat mencapai 70-80 persen ke depan. Berbagai upaya dilakukan.

Salah satunya, dengan mengadakan sosialiasi kepada pejabat pengadaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terkait Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri (P3DN) tersebut.

Penggunaan produk lokal tersebut penting dan perlu. Bukan sekedar mengikuti aturan pusat, namun juga peningkatan perekonomian lokal. Karenanya, wali kota juga mendorong UMKM lokal untuk masuk dalam e-katalog. Harapannya, produk tersebut semakin dikenal dan digunakan banyak pemerintah. Tidak hanya Pemkot Madiun, tetapi juga pemda lainnya.

Wali kota juga menginstruksikan untuk melakukan pengecekan jenis barang dalam perencanaan di e-katalog. OPD yang memiliki pekerjaan untuk mengedepankan produk-produk lokal.

Wali kota juga tunjuk bukti dalam rencana pengadaan laptop untuk siswa dan guru di 2023 mendatang. Banyak merk laptop yang ditersaji di e-katalog. Namun, Pemkot Madiun memutuskan untuk membeli merk axioo yang penggunaan komponen dalam negerinya paling tinggi.