Sempat Diadukan ke Bawaslu, Hari Ini Ribuan Anggota PPS Dilantik di Convention Hall SLG Kab.Kediri

KEDIRI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri akhirnya melantik sebanyak 1.032 anggota panitia pemungutan suara (PPS) terpilih untuk Pemilu 2024.Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Komisioner KPU Jawa Timur, jajaran Komisioner KPU Kabupaten Kediri dan Bawaslu Kabupaten Kediri, tokoh agama serta masyarakat hadir saat pelantikan.

Pelantikan ribuan anggota PPS ini dilaksanakan di Gedung Convention Hall Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Selasa pagi (24/1/2023).

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyampaikan dalam sambutannya, anggota PPS yang telah dilantik ini agar menjaga marwah dan integritas KPU.

“Saya ucapkan selamat kepada anggota PPS yang telah dilantik,”ucap Mas Dhito sapaan akrab Bupati Kediri.

Lebih lanjut Bupati Kediri menegaskan kepada anggota PPS ini agar jangan mau dijadikan objek oleh pihak manapun. Dirinya mengungkap pengalamannya mencalonkan diri sebagai Bupati Kediri pernah dijadikan objek.

“Dulu saya pada saat mencalonkan diri sebagai Bupati Kediri pernah dijadikan objek oleh orang. Jadi saya tekankan kepada anggota PPS jangan mau dijadikan objek yang mempunyai kepentingan,”kata Mas Bup Sapaan Bupati Kediri.

Bupati Kediri juga mengingatkan kepada anggota PPS menjaga integritas dan profesionalisme serta menolak segala bentuk suap.

“Yang pasti banyak godaan dan yang menggoda. Saya berharap anggota PPS yang dilantik harus berani menolak dan melawan segala bentuk suap,”tegasnya.

Disamping itu kepada anggota PPS. Dalam menjalankan kinerja sebagai anggota PPS apabila ada tekanan oleh pihak manapun agar segera berkoordinasi dengan Kepala Desa.

Dirinya berpesan kepada anggota PPS jangan sampai terjadi main-main dengan Kepala Desa jika menemukan pelanggaran Pemilu.

“Saya tekankan kepada anggota PPS jangan sampai berkoordinasi bermain-main dengan kepala desa terkait pelanggaran. Jaga integritas,”ujarnya.

Bupati juga erpesan kepada anggota PPS untuk menjaga integritas sepenuhnya, karena KPU mendapat prestasi terbaik di Jawa timur dan diharapkan dapat meraih prestasi ditingkat pusat.

Sementara Komisioner KPU Jawa Timur Miftahur Rozaq yang hadir dalam pelantikan menuturkan KPU Kabupaten Kediri telah menyelesaikan tugas tahapan di pemilu 2024.

KPU Kabupaten Kediri telah mampu melaksanakan tahapan melalui badan adhoc yakni rekrutmen anggota PPS dan pelantikan.

“Anggota PPS sudah dilantik dan selamat bertugas. Kalian semua sudah mengambil sumpah dan janji serta menandatangani fakta integritas. Untuk itu saya berpesan jaga integritas KPU,”tutur Miftahur Rozaq.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Kediri Ketua Ninik Sunarmi mengucapkan selamat kepada anggota PPS yang telah dilantik dan dinyatakan lulus seleksi.

Mengaku sebelumnya ada 3024 lebih calon yang mendaftarkan diri mencalonkan diri sebagai anggota PPS.

“Dari 3024 lebih peserta yang mendaftar dan dari tahapan KPU telah menetapkan 1032 anggota PPS yang sudah dinyatakan lulus seleksi,”ucapnya.

Ninik menambahkan, kepada anggota PPS yang dilantik ini sudah melalui berbagai tahapan mulai dari seleksi administrasi tes tulis dan wawancara.

“Tolong dijaga amanah dengan baik jaga integritas KPU dan profesional. Tak hanya itu jaga netralitas di masing-masing desa,”ungkap Ninik.

Lebih lanjut Ninik sapaan akrab Ketua KPU Kabupaten Kediri menegaskan bila anggota PPS yang dilantik ini sudah melalui mekanisme dan sudah melakukan perubahan atas mekanisme yang telah diberikan Bawaslu dari aduan yang sempat ada.

“Kemarin sudah melakukan semuanya sesuai mekanisme dan aturan yang ada,”tandasnya saat dikonfirmasi media. (ef)