Ratusan Warga Berebut dan Makan Gratis Buah Durian

Puluhan ribu buah durian dikemas dalam gunungan

PROBOLINGGO – Ratusan warga berbondong-bondong hadir untuk berpartisipasi dalam ajang Pesta Durian yang digelar di Probolinggo, Jawa Timur. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan buah durian lokal yang terkenal dengan rasa manis dan legit.

Puluhan ribu buah durian dikemas dalam gunungan menjadi daya tarik utama bagi warga yang memadati halaman Rumah Gazebo di Brani, Kecamatan Maron. Meski panen raya durian sedang berlangsung, petani durian menghadapi tantangan harga yang melorot drastis. Dalam situasi ini, Pesta Durian diinisiasi sebagai upaya untuk mengenalkan dan mendongkrak popularitas durian lokal Probolinggo.

Pesta Durian yang diselenggarakan oleh Habib Mahdi, anggota DPRD Provinsi Jawa Timur sekaligus pengurus DPC PPP Kabupaten Probolinggo, menarik perhatian masyarakat. Buah durian yang diatur layaknya tumpeng gunungan segera diserbu oleh warga yang berdesakan. Baik kaum emak-emak, pemuda, maupun anak-anak kecil turut serta dalam perburuan durian gratis ini.

Habib Mahdi menjelaskan bahwa ribuan buah durian yang diatur dalam gunungan akan diperuntukkan bagi warga yang ingin menikmati durian secara gratis di lokasi tersebut. Warga tidak diperbolehkan membawa pulang buah durian dan diharapkan untuk menikmatinya di tempat.

Lebih lanjut, Ugas Irwanto, Plt. Bupati Probolinggo, mengungkapkan bahwa meskipun durian lokal Probolinggo terkenal dengan rasa manis dan legit, petani durian saat ini menghadapi tekanan harga yang rendah akibat panen raya. Beliau berharap petani durian dapat memanfaatkan situasi ini dengan mengembangkan produk makanan dan minuman berbahan dasar durian, sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi petani setempat.

Ugas berharap agar produk durian lokal Probolinggo tidak hanya dikenal di pasar lokal, tetapi juga dapat merambah pasar internasional. Terlebih, kabupaten Probolinggo merupakan pusat budidaya durian dengan mayoritas petani durian.

Diharapkan petani durian di kabupaten Probolinggo tidak perlu khawatir meskipun harga durian turun drastis selama musim panen raya. Selain menjual buah durian, petani dapat mengolah durian menjadi produk makanan dan minuman untuk mendapatkan keuntungan maksimal.