Connect with us

Probolinggo

Probolinggo – Takut Serangan Jenglot Warga Racek Jaga dan Tidur Diatas Kuburan Orang Baru Meninggal

Diterbitkan

pada

Probolinggo – Budaya unik biasa di lakukan oleh warga Desa Racek, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, yakni menjaga dan tidur di atas kuburan orang yang baru meninggal. Konon penjagaan tersebut tradisi sejak turun temurun dengan tujuan agar mayat yang baru di kubur tersebut aman dari jenglot.

Warga Desa Racek, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo melakukan tradisi jaga dan tidur di atas makam warga yang baru meninggal dunia. Kegiatan tersebut merupakan tradisi turun temurun, yang hingga kini seluruh warga desa setempat masih melakukan kegiatan tersebut.

Pasalnya para warga menjaga dan tidur di atas kuburan yang masih belum ada batu nisannya. Ini bertujuan agar jasad manusia yang baru meninggal tersebut aman dari serangan jenglot. Menurut keterangan warga Desa Racek, jenglot adalah pemakan jasad manusia yang baru meninggal dunia.

Sementara itu mewakili Ketua MUI Kecamatan Tiris, dalam hal ini Pengurus MUI Tiris, Ustadz Imron Hamzah berharap jika ada warga yang baru meninggal penggalian liang lahat atau kuburan hendaknya kedalamannya disesuaikan dengan syariat Islam. Sehingga jasad yang di kubur baunya tidak terciuam oleh binatang buas atau jenglot yang selama ini warga setempat mempercayainya. (skj)

Continue Reading
Advertisement

Jawa Timur

Diminati Kalangan Pelajar Percepat Program Vaksinasi

Diterbitkan

pada

Probolinggo – Guna menekan penyebaran Covid 19, polres Probolinggo, Jawa Timur, menggelar gerai vaksin presisi drive thru. Sejumlah pelajar dan masyarakatpun turut serta dalam program percepatan vaksin tersebut.

Bertempat, di halaman mapolres Probolinggo, program lounching gerai vaksin drive thru di gelar. Turut hadir dalam gelaran tersebut, kapolres Probolinggo, perwakilan dandim 0820 Probolinggo, Serta kajari Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Percepatan vaksinasi ini, untuk menekan penyebaran Covid 19, Polres Probolinggo memberikan pelayanan terbaik melalui program lounching gerai vaksin presisi. Untuk kalangan masyarakat umum.

Kini Mapolres Probolinggo, menyediakan pelaysanan vaksin, mulai pagi hingga sore hari di waktu jam kerja. Dan sejumlah petugas kesehatan urkes polres Probolinggo, yang terus berada di lokasi tersebut.

Saat di launchingnya gerai vaksin drive thru, oleh Kapolres Probolinggo, hampir rata-rata di minati kalangan pelajar. Mereka cukup mendatangi mapolres Probolinggo, sambil mengendarai kendaraanya, mereka bisa langsung di vaksin.

Namun, sebelum di vaksin, ada beberapa tahapan pemeriksaan, mulai pendataan, pemeriksaan suhu tubuh, sampai di lakukan vaksin. Selain itu, bagi pengunjung di wajibkan melakukan scan QR melalui aplikasi peduli lindungi untuk mengakses pelayanan di polres Probolinggo.

Para pengunjung di polres Probolinggo, yang belum vaksin, bisa langsung vaksin di lokasi setempat. Seperti, terlihat, pengendara roda empat yang langsung di suntik vaksin oleh petugas kesehatan setelah di lakukan pengecekan suhu tubuh.

Lebih lanjut, Muhammad Zaini, menuturkan, setelah sudah di vaksin,dirinya merasa senang, selain, mendapatkan bukti kartu vaksin, pelayananpun cukup baik dan memuaskan.

Dirinya, mengajak bagi kalangan pelajar yang belum vaksin, secepatnya vaksin dan bisa langsung mendatangi gerai vaksin drive trhu di polres Probolinggo.

Sementara itu, Arsya, menyampaikan, program gerai vaksin drive thru ini merupakan program unggulan, terutama bagi masyarakat  yang melintas di wilayah Kabupaten Probolinggo. Utamanya bagi yang belum vaksin.

Selain itu, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19, kapolres Probolinggo, melakukan percepatan program pemerintah melalui vaksinasi, pihaknya akan bersinergi bersama jajaran forkopimda setempat. (as)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: