Dua Pelaku Pencurian Kayu Diamankan

98

Probolinggo – Perburuan pelaku kasus pencurian kayu (ilegal logging) di Lereng Pegunungan Argopuro, Probolinggo, Jawa Timur berhasil polisi amankan. Kedua pelaku ini, tertangkap saat asik melakukan aktifitasnya di kawasan hutan lindung.

Dua pelaku terlibat kasus pencurian kayu jenis mahoni di kawasan hutan lindung, Pegunungan Argopuro, wilayah perhutani setempat, Probolinggo. Keduanya tertangkap saat sedang melakukan aktifitas pencurian kayu jenis mahoni.

Mereka adalah Sadin,70 tahun, dan Rasyid, 39 tahun. Dua warga ini berasal dari Desa Pandanlaras, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Awalnya, polisi mendapat informasi terkait dugaan ilegal logging di kawasan hutan lindung di Kabupaten Probolinggo. Polisi langsung gerak cepat melakukan penyelidikan, pelaku langsung diamankan saat melakukan aktifitas pencurianya.

Sementara itu, Arsya Khadafi menyebutkan, keberhasilan menangkap dua pelaku dugaan kasus ilegal logging ini, berdasarkan informasi dari karyawan RPH (resort pemangku hutan) sentul yang di bawah KPH perhutani Probolinggo, bahwa ada pencurian kayu di hutan tersebut.

Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 24 balok kayu mahoni, enam kayu jenis kayu wangkal dan gergaji mesin untuk alat pemotong kayu. Kedua pelaku ini diamankan pada saat beraksi memotong kayu mahoni.

Di jelaskan oleh kasatreskrim polres Probolinggo, akp. Rahmad Ridho Satrio, penangkapan ke dua pelaku ini, merupakan gerak cepat polisi dalam menuntaskan kasus apapun, terutama,di wilayah hukum kabupaten probolinggo setempat.

Kini, kedua pelaku ini, di jerat dengan pasal 18 ayat 1 huruf B, subsider pasal 83 ayat 1 B UU nomor 18 tahun 2013, tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan. Akibatnya, kedua pelaku atas perbuatanya terancam hukuman selama 5 tahun penjara. (as)