Potensi Berbeda Dari Desa Tugurejo dan Desa Wates Kabupaten Blitar

220

Blitar – Bupati Blitar Rini Syarifah atau yang sering di sapa Mak Rini bersama dengan ketua Dekranasda, Asisten, Kepala OPD dan pimpinan perbankan meninjau langsung potensi desa yang ada di Kecamatan Wates, Selasa (22/3/2022).

Kunjungan dilakukan di Desa Tugurejo dan Desa Wates. Kedua desa tersebut memiliki potensi yang berbeda, di antaranya pengolahan ikan laut dengan berbagai macam variasi dan kampung mlinjo. Adapun kendala dari masing-masing desa tersebut di bidang pemasaran produk.

Dalam hal ini, produk hanya dikirim di beberapa kota, mereka menginginkan pemasaran dapat dijangkau lebih luas. Mak Rini mengatakan bahwa kegiatan one village one produk ini dilakukan guna mendukung potensi desa. Sebab, banyak potensi desa yang sangat berpengaruh untuk menggerakkan roda perekonomian.

Mak Rini mengapresiasi potensi yang ada di Kecamatan Wates dan terus mendorong para pelaku UMKM untuk meningkatkan kreativitas mulai dari packaging hingga pemasaran. Oleh sebab itu, Mak Rini meminta Camat Wates untuk segera berkoordinasi dengan OPD terkait.

Selain itu, Mak Rini juga berpesan kepada para pelaku UMKM yang belum memiliki ijin usaha agar segera mengurus. Sebab, banyak manfaat yang didapat jika produk memiliki surat ijin yang lengkap. Sebagai informasi, kegiatan sambang desa juga didukung oleh Bank Jatim, DPMPTSP dan Dispendukcapil melalui layanan keliling.(red)