Connect with us

Jawa Timur

Penuhi Hak Warga Binaan, Pemkot Kediri Laksanakan Vaksin di Lapas Kediri

Diterbitkan

pada

Kediri – Hari ini, Selasa (07/09) pagi Pemkot Kediri menggelar vaksinasi dosis pertama bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kediri. Vaksinasi ini sebanyak 200 warga binaan yang memenuhi. Vaksinnya jenis Astra Zeneca.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan, vaksinasi ini menjadi hak bagi seluruh warga negara, salah satunya warga binaan Lapas Kediri. Harapannya vaksinasi ini dapat menjadi perlindungan dari Covid-29, baik selama di Lapas maupun saat keluar nantinya.

“Mereka juga berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama, salah satunya vaksin. Sehingga dengan begitu, Pemkot Kediri menyediakan vaksinasi untuk warga binaan di Lapas,” ujar Mas Abu.

Sebelumnya, Pemkot Kediri telah mendapatkan surat permohonan vaksinasi untuk warga binaan di Lapas. Hal itu benar oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Alfan Sugiyanto.

“Lapas sudah mengirim surat ke Pak Wali dan Dinas Kesehatan. Sebagai pelaksana, kami menjalankan kebijakan tersebut. Terlebih karena Lapas ini juga merupakan tempat yang beresiko tinggi terjadinya penularan Covid-19,” ujar Alfan.

Dalam kegiatan ini, Dinas Kesehatan mengerahkan tim vaksinasi dari Puskesmas Wilayah Sukorame karena Lapas masuk dalam wilayah kerja puskesmas tersebut.

Berkaitan dengan jadwal lanjutan, Dinas Kesehatan akan menunggu kelengkapan administrasi warga binaan yang lain, serta ketersediaan vaksin di Kota Kediri.

Saat menemui di Lapas Selasa (07/09) Kasubsie Bimbingan Kesehatan dan Perawatan Jeremias Louis Gusmao menyampaikan. Adanya vaksinasi ini sesuai aturan pusat bahwa warga binaan dapat segera vaksin menekan penyebaran virus Covid-19 di dalam Lapas.

“Harapan warga binaan dapat tetap sehat dan jika ada yang mengalami gejala demam, akan langsung kami lakukan tes. Serta kami telah siapkan ruang isolasi agar tidak menyebar ke warga binaan yang lain,” ujar Gusmao.

Gusmao melanjutkan, penjadwalan sasaran vaksin diurutkan melalui kamar dan kelengkapan administrasi warga binaan salah satunya Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Saat ini, terdapat 700 warga binaan yang berada di dalam Lapas dan 350 orang di antaranya sedang dalam verifikasi data NIK oleh Lapas bersama Dispendukcapil Kota Kediri.(me)

Continue Reading
Advertisement

Bangkalan

Polisi Tangkap Dua Pelaku Pembakaran Maling di Bangkalan

Diterbitkan

pada

Bangkalan – Satreskrim Polres Bangkalan menangkap dua orang warga, yang di duga sebagai pelaku pembakaran maling hingga tewas. Dari keterangan keduanya, korban sempat di ikat, sebelum di siram bensin dan di bakar. Selain kedua pelaku ini, polisi masih mengejar beberapa tersangka lainnya.

Dua pelaku berinisial N dan MH ini, di jemput dari rumah masing-masing, di Desa Dhuwek Buter, Kecamatan Kwanyar, Bangkalan-Madura. Tak ada perlawanan baik dari kedua pelaku, maupun keluarganya.

Keduanya mengakui memang terlibat, dalam kasus pembakaran korban, berinisial R, yang berhasil di tangkap warga, karena di duga pelaku pencurian.

Dari data kepolisian, korban berinisial R tersebut, memang seorang residivis yang sudah keluar masuk penjara, untuk kasus yang sama. Yakni pencurian dengan kekerasan, dan pencurian dengan pemberatan.

Dari keterangan sementara kepada penyidik, keduanya juga mengakui, sempat mengikat R dengan tali tambang, lalu menyiram nya dengan bensin, yang di ambil dari kios bensin di sekitar TKP.

Setelah sempat di hakimi massa, korban R tersebut lalu di bakar hingga tewas.

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, milik korban R sebagai residivis pencurian, yakni kunci T, dan senjata tajam celurit. Serta barang bukti sepeda motor nya, yang ikut hangus dibakar massa.

Selain dua pelaku tersebut dalam kasus ini, pihaknya masih memburu pelaku lainnya, yang diduga ikut terlibat langsung dalam pembakaran maling tersebut.

Polisi mengungkap bersama tindak pidana curanmur lainnya yang sering beroperasi di Bangkalan  mulai dari begal pembobolan rumah curat lainnya. (ab)

Continue Reading

MaduTV on Facebook

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: