Menteri PAN-RB Dukung Penguatan Reformasi Birokrasi BIN

JAKARTA, MADU TV – Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas memberikan dukungan yang kuat terhadap penguatan reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Badan Intelijen Negara (BIN), dengan mengapresiasi pencapaian kenaikan pada Indeks Reformasi Birokrasi (RB) serta nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP). Menurut Anas, pencapaian positif ini menjadi bukti komitmen jajaran BIN untuk terus berbenah dan menciptakan birokrasi yang lincah.

Anas menjelaskan bahwa pada tahun 2023, nilai Indeks RB BIN berada pada kategori A atau memuaskan. Nilai ini menunjukkan peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya dan juga lebih tinggi dibanding nilai rata-rata RB kementerian/lembaga lainnya. Selain itu, BIN juga dinilai berhasil mendorong akuntabilitas kinerja yang terus mengalami perkembangan positif.

“BIN telah berhasil mencapai prestasi yang membanggakan dalam memperoleh nilai Indeks RB kategori A pada tahun 2023, yang merupakan bukti nyata komitmen dalam upaya penguatan reformasi birokrasi,” ujar Anas.

Selain dari sisi RB, BIN juga berhasil memperoleh nilai AKIP pada kategori BB (sangat baik) pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan komitmen BIN dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Anas juga menyoroti upaya BIN dalam membangun zona integritas, di mana selama periode 2018 hingga 2023, lima unit BIN diusulkan untuk memperoleh predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Dari upaya tersebut, tiga unit kerja BIN berhasil memperoleh predikat WBK.

Tidak hanya itu, Menteri Anas juga membahas peluang keterlibatan BIN dalam transformasi digital yang tengah dilakukan oleh pemerintah. Belakangan ini, Anas bersama Wakil Kepala BIN I Nyoman Cantiasa telah melakukan pertemuan untuk membahas hal tersebut, menegaskan komitmen bersama dalam menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih maju melalui transformasi digital yang inklusif.