Menteri Kesehatan Resmi Luncurkan GISAID Academy di Bali

81
Menteri Kesehatan Resmi Luncurkan GISAID Academy di Bali

Denpasar, Bali – Kementerian Kesehatan Indonesia mengumumkan kemitraan strategis dengan GISAID Initiative dalam mendirikan GISAID Academy, sebuah institusi pendidikan permanen yang berlokasi di Pulau Kura-Kura, Bali. Pengumuman ini menyusul pertemuan antara Menteri Kesehatan dan Presiden GISAID pada Selasa lalu di Bali.

GISAID Initiative, sebagai platform inisiatif data sains terkemuka di dunia, berkomitmen membangun kapasitas sumber daya manusia di bidang bioinformatika. GISAID Academy di Bali akan mengkonsolidasikan program pendidikan dengan pengalaman dalam melatih ratusan profesional di seluruh dunia.

Peran penting GISAID sejak awal pandemi COVID-19 membuat pendirian GISAID Academy di Bali dianggap langkah maju dalam meningkatkan pengawasan genomik patogen. Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, menyatakan bahwa pendirian akademi ini adalah bagian dari upaya Indonesia dalam membangun ketahanan dan respons terhadap wabah, memanfaatkan ekosistem kesehatan yang sudah ada.

GISAID Academy akan menggunakan fasilitas yang sudah ada di Poltekkes Kemenkes Denpasar dan Universitas Udayana. Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa akademi ini siap memberikan pelatihan vokasional menyeluruh dalam surveilans genomik patogen.

Menurut Menteri Kesehatan, pendirian GISAID Academy menegaskan kontribusi Kementerian Kesehatan terhadap keamanan kesehatan global. Hal ini juga menandai fase baru dalam kolaborasi berkelanjutan antara Kementerian Kesehatan dan GISAID.

Presiden GISAID, Peter Bogner, menjelaskan bahwa GISAID Academy akan memperkenalkan kurikulum yang dirancang secara cermat sepanjang tahun. Kurikulum ini mencakup berbagai kursus mulai dari pelatihan vokasional pada teknik PCR dasar hingga next-generation sequencing untuk persiapan pelatihan bioinformatika lanjutan.

GISAID berkomitmen terhadap data genomik berkualitas tinggi untuk memajukan langkah-langkah penyelamatan nyawa dan keputusan kebijakan berbasis bukti. GISAID Academy, dengan model pembelajaran dan kerja sama yang berkelanjutan, diharapkan menjadi sumber daya internasional yang penting.

GISAID Academy akan berlokasi di dalam kampus United in Diversity (UID) di Pulau Kura-Kura, Bali. Terinspirasi oleh tradisi Bali Tri Hita Karana, kampus UID Bali menawarkan harmonisasi sosial, lingkungan, dan spiritual, sambil menyediakan fasilitas pembelajaran berbasis teknologi tinggi di lingkungan yang indah.