Makam Cucu Sunan Giri Ditemukan Warga di Area Pemakaman Desa Wonokasian

415

Sidoarjo – Warga Desa Wonokasian, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur hebohkan dengan penemuan makam cucu Sunan Giri yang telah menyebarkan agama Islam di Desa Wonokasian pada abad ke-16 silam. Penemuan lokasi makan tersebut berada di area pemakaman umum desa setempat dan diyakini cucu Sunan Giri setelah warga melakukan tabayyun dengan keluarga Giri Kedaton dan melalui penelitian yang dilakukan oleh ahli arkeologi.

Untuk sementara, makam tersebut dirawat warga dan mulai banyak dikunjungi peziarah. Di lokasi makam terdapat tumpukan batu bata kuno berukuran 35×25 sentimeter, dan batu nisan terbuat dari batu karang. Sementara posisi makam tidak menghadap kiblat seperti makam lainnya dan justru serong dari kiblat.

Makam tersebut pertama kali ditemukan warga Wonokasian yang sebelumnya mendapatkan isyaroh bahwa di area pemakaman desanya ada makam aulia.

Karena penasaran dengan isyaroh tersebut, ia kemudian berkoordinasi dengan pengurus ranting NU, Ansor dan sejumlah ulama Desa Wonokasian. Setelah 6 bulan pencarian, akhirnya warga menemukan makam yang diketahui bernama Raden Muhammad Hamzah atau Pangeran Wanasrama Karesian.

Kini, makam cucu Sunan Giri mulai didatangi peziarah. Menurut rencana, dalam waktu dekat pengurus ranting NU, perangkat Desa Wonokasian, tokoh masyarakat, ulama dan keluarga Giri Kedaton akan melakukan rapat peresmian makam cucu Sunan Giri. (mk)