JELANG LIBUR SEKOLAH, SMPM DUTA GELAR FESTIVAL HEWAN PELIHARAAN

82

SIDOARJO – Suasana nampak berbeda di area Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 2 Taman, Sidoarjo. Sejumlah hewan peliharaan, mulai dari tokek, iguana, ikan hias, kura-kura, burung, kucing, hamster, kelinci, dan lain sebagainya memenuhi ruang sekolah setempat.

Binatang ini bukan sekadar untuk dipamerkan, namun akan diikutkan dalam Festival Hewan Peliharaan Siswa yang sengaja digelar pihak SMP Muhammadiyah 2 Taman jelang akhir semester ganjil 2022 – 2023.

Pihak sekolah sengaja mengadakan kegiatan ini sebagai salah satu cara mengajarkan kepada siswa untuk menyayangi hewan peliharaan. Tentunya dengan menjaga kebersihan hewan dan kandang, serta keamanan dan keselamatan bagi pemiliknya, sekaligus mengajarkan entrepreneurship kepada para siswa.

Haidar, salah satu peserta festival hewan peliharaan mengaku, suka memelihara kura-kura sesaat setelah melihat pameran hewan. Sehingga muncul ide untuk memelihara kura-kura yang ia beli dengan harga sekitar 1,7 juta rupiah. Setelah dipelihara 3 tahun terakhir ini, kura-kura miliknya sempat ditawar orang senilai 5,9 juta, namun tidak dijual. Haidar mengaku suka dan ingin memelihara hewan tersebut.

Setelah diadakannya festival ini, para siswa diharapkan mampu menciptakan cuan dari hewan peliharaan yang bisa dibudidaya di rumahnya masing-masing.