Jelang Hari Ibu Nasional, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Roadshow Ke Bali

64
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPA) menggelar roadshow dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-95 di Provinsi Bali.

Denpasar – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPA) menggelar roadshow dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-95 di Provinsi Bali. Acara ini dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, termasuk talkshow kesehatan jantung, bakti sosial pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan mata, layanan pengaduan, dan konsultasi perlindungan perempuan dan anak pada tanggal 18 Desember 2023.

Roadshow peringatan Hari Ibu ke-95 KemenPPA di Provinsi Bali mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” dengan harapan dapat mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat umum untuk memberikan perhatian dan pengakuan terhadap eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan pada tanggal 19 Desember 2023. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau Bintang Puspayoga, dalam roadshow di Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar pada Senin (18/12/2023) mengungkapkan bahwa roadshow ini mewakili tiga bagian Indonesia dan akan dirasakan hingga seluruh pelosok tanah air.

Beliau menjelaskan bahwa peringatan Hari Ibu bukanlah “Mother’s Day,” melainkan menitikberatkan pada pergerakan perempuan yang menandai babak baru bangkitnya gerakan perempuan Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis tanpa membedakan agama, etnis, dan kelas sosial. Bintang Puspayoga berharap peringatan Hari Ibu dapat menjadi daya ungkit untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat memberikan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Peringatan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember diharapkan dapat menjadi bentuk apresiasi untuk seluruh perempuan Indonesia atas kontribusinya, apapun latar belakangnya, dengan berbagai kisah hidup. Sebelumnya, telah digelar kick-off peringatan Hari Ibu 2023 yang dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Khusus di Provinsi Bali, roadshow peringatan Hari Ibu ke-95 diisi dengan talkshow kesehatan jantung, bakti sosial pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan mata, layanan pengaduan, dan konsultasi perlindungan perempuan dan anak. Selain itu, juga diserahkan penghargaan Gender Champion serta piagam bagi instansi mitra pendukung pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan keluarga berencana. Acara ini bahkan dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian seperti tari tradisional, monolog, dan lainnya.”