DISDUKCAPIL BANYUWANGI KELUARKAN 497 DUKUMEN KORBAN BANJIR

49

BANYUWANGI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Banyuwangi telah mengeluarkan 497 dokumen untuk para korban banjir warga Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur.

Para korban banjir tersebut tidak perlu datang ke kantor, mereka cukup datang ke mobil Disdukcapil yang sudah terparkir di lokasi banjir dalam beberapa hari.

Layanan ini guna mempermudah para korban banjir yang dokumennya rusak atau hilang tersapu banjir bandang yang terjadi pada Kamis (3/11/2022) lalu. Masyarakat juga dipermudah dengan berbagai toleransi, salah satunya dengan tidak perlu adanya surat kehilangan seperti pelayanan normal biasanya.

Masyarakat juga hanya perlu membawa surat seadanya dan akan langsung diproses. Jika dokumennya hilang dan tidak memiliki backup fotokopi atau data lainnya, maka korban banjir hanya perlu langsung datang ke mobil Disdukcapil maka akan ditelusuri melalui nama yang telah terkoneksi dengan database.

Dengan pelayanan ini, Disdukcapil juga mengupayakan jika tidak ada kendala pada dokumennya maka langsung dicetak sehingga masyarakat bisa menggunakan untuk keperluan pendataan dan lain sebagainya.

Hingga saat ini, dokumen yang sudah tercetak dan diserahkan kepada korban banjir mencapai 497 dukumen yang meliputi KTP elektronik, kartu keluarga, kartu induk anak dan masih ada dokumen lainnya.

Pelayanan dengan mobil Disdukcapil ini juga melayani para korban banjir Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, yang juga beberapa waktu itu terdampak banjir akibat curah hujan tinggi.