“Desa Sumberejo Kulon Berpeluang Jadi Pelaksana Terbaik Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana Provinsi Jawa Timur”

125

Tulungagung – Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung, Siyuk Maryoto Birowo, dengan hangat menyambut kedatangan Ketua Tim Penilai Lomba Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana Provinsi Jawa Timur, Diah Joni Wahyuhadi, beserta rombongan. Penyambutan meriah ini digelar di Balai Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, yang dipenuhi dengan tarian khas Tulungagung, Reog Kendang.

Dalam sambutannya, Bupati Maryoto Birowo mengucapkan selamat datang dan rasa terima kasih kepada Tim Penilai atas kepercayaan yang telah diberikan kepada TP PKK Desa Sumberejo Kulon. Desa ini berhasil masuk dalam tiga besar pelaksana terbaik Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana Tahun 2023, khususnya dalam kategori pembinaan Posyandu – Bangga Kencana.

"Desa Sumberejo Kulon Berpeluang Jadi Pelaksana Terbaik Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana Provinsi Jawa Timur"
“Desa Sumberejo Kulon Berpeluang Jadi Pelaksana Terbaik Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana Provinsi Jawa Timur”

“Mencapai tahap ini menjadi motivasi besar bagi Pemerintah Kabupaten Tulungagung untuk terus berupaya keras dalam mewujudkan lingkungan bersih, perilaku sehat, dan keluarga berkualitas,” ujar Bupati. “Ini adalah langkah penting dalam upaya kita untuk menurunkan tingkat stunting di Kabupaten Tulungagung.”

Bupati Maryoto Birowo menjelaskan bahwa saat ini Kabupaten Tulungagung memiliki 271 Desa/Kelurahan dengan total 1.243 Posyandu Balita dan 408 Posyandu Lansia. Dari jumlah tersebut, 14 Posyandu telah mandiri, salah satunya berada di Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut.

Ketua Tim Penggerak PKK akan memberikan laporan rinci mengenai pelaksanaan program PKK Sehat Lestari Berencana di Desa Sumberejo Kulon. Dengan harapan besar, Pemkab Tulungagung menginginkan Tim Penggerak PKK Desa Sumberejo Kulon meraih nilai maksimal dan menjadi pelaksana terbaik tingkat provinsi.

Menyusul acara seremonial, Ketua Tim Penilai, Diah Joni Wahyuhadi, bersama rombongan dan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung, melanjutkan peninjauan lapangan di Desa Sumberejo Kulon. Peninjauan ini mencakup sejumlah sektor penting, termasuk Posyandu, wisata, UMKM sampah, dan sektor lainnya.

Ketua Tim Penilai memberikan saran dan masukan penting untuk pengembangan sektor-sektor tersebut. Desa Sumberejo Kulon diharapkan dapat menjadi teladan bagi desa-desa lain dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Ketua Tim Penilai juga memberikan apresiasi.