Buron Tiga Tahun, Seorang Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa di Blitar Berhasil Dibekuk Polisi

100

Blitar – Tersangka korupsi anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) ini adalah Yesi Ertawati, warga Desa Tulis Kriyo, Kecamatan Sanan Kulon, Kabupaten Blitar.

Janda dua anak ini ditangkap polisi usai buron selama tiga tahun. Polisi menangkap pelaku saat mengontrak di sebuah rumah di Kota Malang.

Dari perkara ini, polisi menyita sejumlah barang bukti. Antara lain, buku rekening dan print out rekening bank, bukti pembayaran pajak kegiatan DD dan ADD tahun 2018, surat permohonan pencairan DD dan ADD tahun 2018 dan lainnya.

Di hadapan polisi, pelaku mengakui semua perbuatannya. Uang anggaran DD sengaja diselewengkan guna keperluan bayar hutang di bank.

Sementara itu, Kapolresta Blitar AKBP Argowiyono membenarkan adanya kasus tersebut. Argo menjelaskan bahwa kasus korupsi anggaran DD sebesar lebih dari 400 juta rupiah ini terjadi pada 2018 lalu ketika pelaku menjabat sebagai bendahara desa di kantor desa setempat.

Kini, akibat perbuatannya pelaku terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara sebagaimana diatur UU No. 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. (sr)