Connect with us
header

Banyuwangi

Banyuwangi – Usir Corona, Warga Banyuwangi Gelar Ritual Tolak Bala

Diterbitkan

pada

Bangkalan – Puluhan warga  Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, menggelar ritual tolak bala usir corona pada Kamis sore. Nasi tumpeng serta jajajanan pasar, menghiasi jalannya ritual yang digagas oleh pemuka agama setempat. Dengan memanfaatkan jalan kampung, warga berbondong-bondong memanjatkan doa bersama kepada sang khalik, berharap pandemi segera segera berakhir.

Semenjak pagi, kaum hawa Dusun Krajan, Desa Jajag, mulai mempersiapkan olahan yang disiapkan untuk menjadi sajian dalam rangkaian selamatan atau ritual tolak bala pengusiran corona, pada Kamis, 30 Juli 2021. Mulai dari anak anak, kaum muda, dan tua, berbondong bondong mengikuti gelaran yang berlangsung mulai bada sholat ashar, hingga menjelang maghrib. Beralaskan daun pisang, nasi tumpeng serta lauk pauk pengiring yang menjadi ikon utama dalam acara tersebut, dijajarkan hingga puluhan meter di sepanjang Jalan Anjasmara, rw 3, Dusun KrajaN.prokes ketat menjadi syarat wajib bagi warga yang mengikuti jalannya acara. Dimana dalam kegiatan tersebut, diikuti setidaknya perwakilan warga dari 5 rt.

Acara yang digagas oleh pemuka agama setempat, selain meminta perlindungan dan keselamatan terutama dari wabah virus corona kepada sang pencipta, acara tersebut juga menjadi ajang memanjatkan doa bersama, meminta agar pandemi segera berakhir. Kekompakan warga juga menjadi poin tambahan untuk dihelatnya ritual tolak bala.

Selain itu, pihaknya akan terus mendorong warga untuk terus menggelar kegiatan serupa, agar tali silaturahmi antar warga tetap terjalin, sehingga dapat menular di kegiatan yang lain. Dan hal tersebut, diharapkan menjadi dorongan kepada warga untuk terus perduli kepada sesama, terutama yang sedang terkena musibah ataupun  membantu warga lain yang tengah menjalani isolasi mandiri.(aw)

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

MaduTV on Facebook

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming