ANGIN PUTING BELIUNG RUSAK 63 RUMAH WARGA DI KALIBARU

81

BANYUWANGI – Agen Bencana BPBD Jawa Timur Ismanto merinci dalam peristiwa puting beliung itu, kerusakan terjadi di Desa Kalibaru Kulon sebanyak lima puluh tiga rumah, Desa Kebunrejo lima rumah, dan Desa Kalibaru Wetan sebanyak lima rumah. Sedangkan rumah dengan kerusakan parah berjumlah enam rumah yang diakibatkan tertimpa pohon dengan ukuran sedang dan seluruhnya sudah tertangani dengan baik, namun ada kemungkinan rumah yang rusak bisa bertambah.

Pada Kamis (15/12/2022) pagi, warga saling bahu-membahu membersihkan lingkungan sekitar, serta membantu memperbaiki rumah warga lain yang tertimpa pohon akibat diterjang angin puting beliung.

Sementara itu, salah satu warga Sukardi menjelaskan angin puting beliung tersebut terjadi sebanyak dua kali dengan suara gemuruh yang sangat kencang dan pada saat kejadian juga sedang dalam kondisi hujan lebat.

Untuk puting beliung yang pertama arahnya dari selatan menuju ke utara dengan angin yang tidak begitu kencang. Sedangkan angin puting beliung dari arah selatan sedikit menyerong kebarat atau angin puting beliung yang kedua ini memiliki kekuatan yang sangat kencang. Bahkan saking kencangnya, angin tersebut membuat jarak pandang terbatas hingga sekitar dua meter saja.