Warga Pembopong Buaya Muara Menuju Pos Ramil Siliragung Was-was Jika Ikatannya Lepas

142

Banyuwangi – Penemuan buaya muara yang mengejutkan warga Desa Barurejo pada Selasa malam, ternyata memberikan pengalaman mendebarkan sekaligus menegangkan bagi salah satu warga yang membopong hewan buas tersebut, menuju Pos Ramil Siliragung. Sempat khawatir buaya yang ia bopong lepas, namun rasa pedulinya kepada hewan reptil tersebut, mengalahkan rasa takut yang sempat hinggap di benaknya.

Penemuan buaya muara di Sungai Kalibaru, Dusun Krajan, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, pada Selasa malam, selain mengejutkan warga setempat lantaran tidak sengaja terjaring jala milik warga yang sedang mencari ikan, juga memberikan pengalaman mendebarkan, sekaligus menegangkan, salah satu warga yang ikut mengevakuasi hewan reptil yang diketahui memiliki ukuran 1  koma 3 meter tersebut. Secuil kisah singkat dan mendebarkan itu, tidak akan dilupakan ahmad saeran, pria 49 tahun, yang mengevakuasi buaya tersebut, bersama babinsa setempat, menuju pos ramil siliragung. Untuk mengevakuasi buaya muara itu, ahmad saeran memberanikan diri membopong dengan dibonceng sepeda motor bersama babibnsa setempat, dengan menempuh perjalanan sejauh 5 kilometer.

Perasaan was-was serta takut, campur aduk dalam benak Ahmad Saeran, selama perjalanan membopong buaya muara itu. Bagaimana tidak, kaki serta mulutnya, yang hanya diikat dengan tali rafia, serta matanya ditutup kain, bisa lepas sewaktu waktu, dan bisa membahayakan keselamatannya. Menurut pengakuan pria yang akrab disapa Sa’ean tersebut, selama perjalanan, sang buaya sempat mengeluarkan suara seperti auman yang membuatnya sempat ketakutan. Namun rasa peduli akan keselamatan hewan reptil yang menurut pengakuan Sa’ean berbobot lebih dari 15 kilogram tersebut, dapat mengalahkan rasa takut yang hinggap dalam benaknya.

Sa’ean bersyukur, selama membopong buaya tersebut, satupun anggota tubuhnya tidak ada yang terluka. Dan dirinya bersyukur, kini sang buaya yang pernah ia bopong, sudah berada di tempat yang lebih aman. (aw)