Wapres Dorong Penerapan Standar Halal Global 2023 yang Berlaku Pada Semua Negara di Seluruh Dunia

49

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong penerapan standar halal global yang berlaku pada semua negara di seluruh dunia. Pernyataan tersebut disampaikan saat pembukaan gelaran H20-Halal World 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada Jumat (17/11/2023).

Wapres Ma’ruf Amin berkomitmen untuk mendorong standar halal global yang dimiliki agar memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses produk halal. Forum H20-Halal World 2023 menjadi tempat yang strategis untuk mewujudkan standar halal global.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin didampingi oleh Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal M. Aqil Irham, dan perwakilan duta besar sahabat. Wapres juga menekankan perlunya penguatan kerja sama perdagangan antarnegara, terutama dengan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI), untuk meningkatkan ekspor produk halal dari masing-masing negara.

Selain itu, Wapres juga mendorong keterlibatan aktor-aktor kunci dalam ekosistem halal untuk mempercepat sertifikasi halal serta saling pengakuan dan keberterimaan produk halal antarnegara.

H20-Halal World 2023 adalah kegiatan yang berlangsung di Jakarta mulai 17-21 November 2023. Acara ini dihadiri oleh 500 peserta yang merupakan perwakilan dari 118 lembaga halal dari 41 negara.

Rangkaian H20-Halal World ini mencakup lima bentuk kegiatan, yaitu International Halal Conference, Halal Expo, Performance Ekosistem Halal Indonesia, Halal Tour, dan Halal Coaching Clinic.