Volume Kendaraan Terus Meningkat di Kawasan Provinsi Jawa Tengah Jelang Lebaran 2022

9
Hasil Tangkapan Layar Video Jurnalis MaduTV Nusantara

Jawa Tengah – Arus mudik di Tol Pekalongan, Jawa Tengah hingga kini masih ramai kendaraan. Rest area Km 338 A, yang berada di Desa Pegandon, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah diberlakukan sistem buka tutup. Petugas kepolisian berjaga di pos pengamanan KM 338 A melakukan pengaturan lalu lintas, sehubung meningkatnya volume kendaraan.

Melansir dari Tribunjateng.com, sejak pukul 17.30 WIB H-3 menjelang Idul Fitri terlihat kendaraan yang masuk ke pintu rest ares Km 338 A mulai padat dan kendaraan berjalan merayap.

Rest area Km 338 A fungsional memiliki kapasitas 500 kendraaan. Karena, rest area sudah penuh petugas melakukan penutupan sementara. Bagi kendaraan yang akan masuk ke rest area Km 338 A ini, diarahkan ke rest area selanjutnya.

Sekitar pukul 18.30 WIB, petugas membuka kembali rest area Km 338 A. Berdasarkan pantauan, di Km 338 A arus lalulintas di tol masih dilakukan one way.

 

Semarang – Suasana arus mudik di jalan Tol Semarang-Solo pada H-3 lebaran, Jumat (29/4/2022) terpantau ramai dan padat. Arus kendaraan mengalami peningkatan tajam namun tidak menyebabkan antrean panjang.

Melansir dari Viva.co.id, di gerbang Tol Banyumanik Semarang arus kendaraan yang menuju ke arah Solo mulai meningkat sejak sekitar pukul 7.00 WIB. Para pemudik dengan mengendarai bermacam mobil pribadi mengalir tanpa henti dan memasuki gerbang Tol Banyumanik untuk melakukan tapping.

Sempat terjadi antrean namun dapat segera terurai setelah petugas mengarahkan pengendara untuk pindah ke pintu tapping lainnya yang masih kosong. Pengelola tol juga membuka mesin tapping di sisi kiri untuk menambah kapasitas.

Menurut petugas tapping di lapangan, secara visual arus kendaran yang melewati gerbang Tol Banyumanik meningkat cukup signifikan dibanding jumlah rata-rata waktu normal sebanyak 26 ribuan kendaraan per hari.

Sementara dari arah sebaliknya, arus kendaraan yang masuk ke Kota Semarang terpantau  tidak mengalami peningkatan. Pengelola membagi pintu tapping untuk keluar gerbang tol menuju arah Solo ada 8, dan pintu tapping untuk kendaraan yang masuk dalam Kota Semarang ada 4.

Semarang – Jumlah kendaraan yang memasuki rest area Km 429 A di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, terpantau mengalami kenaikan cukup signifikan sejak Rabu (27/4/2022) siang.

Melansir dari Tribunjateng.com, sejak pukul 13.00 hingga 14.30 WIB, tempat parkir di berbagai sudut rest area yang menuju arah Salatiga/Solo tersebut mulai dipadati kendaraan.

Mobil-mobil dengan sebagian besar pelat nomor Jabodetabek berdatangan masuk ke rest area.
Sejumlah fasilitas di rest area seperti masjid, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), rumah makan, dan cafe mulai dipadati pengunjung atau pemudik.

Semarang – Suasana arus lalu lintas menjelang lebaran 2022 di Tol Semarang – Bawen tepatnya sebelum rest are Semarang yang terpantau dari Jembatan Susukan Ungaran Semarang terpantau ramai dan padat merayap. Meskipun volume kendaraan mulai mengalami peningkatan namun belum terlihat adanya penumpukan kendaraan atau kemacetan. Sedangkan untuk jalur berlawanan yakni jalur Semarang – Solo terpantau lengang.

 

Brebes – Arus lalu lintas di gerbang Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah terus mengalami kenaikan sejak sepekan menjelang lebaran, Jumat (29/4/2022).

Bahkan, Rabu (27/4/2022), kendaraan yang  keluar dari gerbang Tol Pejagan mencapai 11.868 kendaraan dari angka normal hanya 3.533 kendaraan saja.

Melansir dari Wartakotalive.com, berdasarkan dari data yang diberikan kepala cabang operasi ruas Tol Kanci – Pejagan, angka kenaikan volume kendaraan keluar dari gerbang Tol Pejagan mencapai 220,0 persen Rabu (27/4/2022).

Volume kenaikan kendaraan di gerbang Tol Pejagan dimulai pada Jumat (22/4/2022), dengan kendaraan keluar sebanyak 5.269 unit dan kenaikan mencapai 29,3 persen. Angka kenaikan kendaraan keluar di Tol Pejagan terus naik di hari-hari selanjutnya. Hingga Senin dan Selasa (25 dan 26/4/2022), kenaikan volume kendaraan keluar dari gerbang Tol Pejagan mencapai 91,3 persen dan 129,6 persen.

Karanganyar – Arus kendaraan yang melintas di gerbang Tol Ngasem Colomadu Kabupaten Karanganyar mengalami kenaikan signifikan menjelang lebaran 1443 Hijriyah.

Berdasarkan data yang dihimpun, tercatat ada sejumlah 11.503 kendaraan yang melintas di gerbang Tol Ngasem pada Sabtu pekan lalu.

Jumlah tersebut terus mengalami kenaikan menjelang momen lebaran, tercatat sejumlah 15.024 kendaraan yang melintas di gerbang Tol Ngasem pada Kamis (28/4/2022).(red)