Vaksin PMK Dosis Kedua Diterima Pemkab Tulungagung

Vaksin PMK Dosis Kedua Diterima Pemkab Tulungagung

Tulungagung – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulungagung telah menerima kiriman vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dosis kedua. Vaksin ini dikirimkan setelah pemberian vaksin dosis pertama usai. Vaksin dosis pertama ini diberikan untuk hewan sapi perah. Hewan ternak ini menjadi prioritas penerima vaksin dosis pertama.
Total sebanyak 1.025 botol vaksim pmk dosis kedua yang sudah diterima pihak dinas. Vaksin tersebut disimpan di lemari pendingin. Vaksin ini rencananya akan diberikan 87.500 ekor sapi, 15 ribu ekor kambing dan 7500 ekor babi. Untuk kambing ini merupakan suntikan vaksin dosis pertama.
Saat ini pihak dinas mengklaim kasus PMK mulai terkendali. Kondisi ini berdasarkan turunnya laporan kasus dari masyarakat. Selain itu produksi susu sapi juga mulai mengalami peningkatan. Mereka memperkirakan kondisi ini disebabkan pemberian vaksin dosis PMK beberapa waktu lalu.
Pemberian vaksin PMK dosis kedua ini akan segera dimulai oleh pihak dinas. Hewan ternak yang akan disuntik dosis kedua ini harus sudah mendapatkan suntikan dosis pertama dengan rentang waktu minimal 1 bulan.