STUDI TIRU KOTA MADIUN KUNJUNGI RUMAH SAPA MAMA CANDIREJO

112

NGANJUK – Dalam rangka studi tiru penerapan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, Kota Madiun kunjungi Rumah Sapa Mama, Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Acara yang berlangsung di Rumah Sapa Mama Candi Lor ini turut dihadiri oleh Kepala Desa Candirejo Ronny Giat Brahmanto, Kepala Dinsos P3A Nganjuk Nafhan Tohawi, kader PKK Desa Candirejo, serta beberapa kader PKK Kota Madiun.

Kunjungan studi tiru Kota Madiun di Rumah Sapa Mama Candi Lor tersebut bertujuan untuk mengetahui program-program Rumah Sapa Mama yang ada di Desa Candirejo dengan harapan di Kota Madiun juga bisa mempunyai program seperti Desa Candirejo.

Dalam kesempatan tersebut, Kader PKK Desa Candirejo juga turut menampilkan hasil UMKM Desa Candirejo dilanjut dengan menjelaskan kegiatan-kegiatan, serta pemaparan kondisi desa dan program-program yang ada di Rumah Sapa Mama Candi Lor ini.

Kepala Desa Candirejo Ronny Giat Brahmanto mengatakan, kedatangan tamu studi tiru dari Kota Madiun di Rumah Sapa Mama Candi Lor ini dengan hajad ingin mengetahui bagaimana progam dari Kabupaten Nganjuk, sekolah perempuan ramah anak dan masyarakat marginal bisa ditiru untuk masyarakat Madiun. Kebetulan, Desa Candirejo adalah salah satu desa dari enam desa se-Kabupaten Nganjuk yang diamanahi untuk ikut Program Sapa Mama Kabupaten Nganjuk.

Ronny juga menjelaskan Program Rumah Sapa ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Candirejo, mulai dari kegiatan posyandu yang terjalin kerja sama dengan Rumah Sapa Candi Lor, ibu-ibu PKK, serta murid-murid Rumah Sapa Mama bisa langsung berhadapan dari rumah dan kegiatan posyandu lebih dekat kepada masyarakat.

Dari dibentuknya program Rumah Sapa Mama di Desa Candirejo ini, Kepala Desa Candirejo berharap ke depan, Program Sapa Mama Candi Lor ini bisa lebih baik untuk melayani masyarakat khususnya di Desa Candirejo sendiri.