Sedikitnya 17 Rumah Warga Rusak, Diterjang Angin Puting Beliung

95

Blitar – Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang Dusun Termas , Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Selasa (14/06). Akibatnya belasan rumah warga dan sejumlah kandang ayam dilaporkan rusak.

Dari data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Kabupaten Blitar, bencana angin puting beliung merusak 17 rumah warga, beberapa kandang ternak dan sejumlah lahan pertanian masyarakat sekitar.

Sehari pasca kejadian Bupati Blitar Rini Syarifah meninjau langsung lokasi terdampak puting beliung. Bupati Rini menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar memangkas ranting dan dahan pohon di sekitar pekarangan rumah guna mengantisipasi potensi yang ditimbulkan oleh dampak cuaca ekstrem.

Menurut Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar, perubahan iklim ahjir-ahkir ini sulit ditebak bahkan hingga kini cuaca ekstrem masih sering terjadi di wilayah Kabupaten Blitar. Maka dari itu, masyarakat diminta siaga dan waspada menyikapi fenomena alam ini.

“Warga harus siaga terutama di Desa Kebonduren dan sekitarnya karena letaknya dikelilingi gunung jadi sering terjadi angin puting beliung. Selain itu, sesuai dengan informasi bencana alam ini juga rutin terjadi bila cuaca ekstrem datang,” ujarnya.

Selain itu, bagi warga yang tinggal berdekatan dengan pohon besar disarankan agar segera memotong ranting ataupun dahan pohon agar saat hujan deras bercampur angin melanda tidak sampai patah dan menimpa rumah.

“Langkah antisipatif perlu dilakukan untuk mengurangi segala resiko yang terjadi, satu diantaranya adalah mengurangi ranting pohon biar tidak sampai jatuh mengenai pemukiman,” imbuhnya.

Terakhir, Ia juga berpesan kepada BPBD setempat supaya lebih sering turun ke lapangan memberikan sosialisasi tentang bahaya cuaca ekstrem kepada masyarakat terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah – daerah rawan bencana.(sk)