spot_img
Sabtu, Juni 15, 2024
Beranda Regional Jawa Timur Puluhan Warga Binaan LP Tulungagung Diduga Terpapar Tuberculosis

Puluhan Warga Binaan LP Tulungagung Diduga Terpapar Tuberculosis

89
3D Illustration Concept of Human Respiratory System Lungs Anatomy

Tulungagung – Sebanyak 40 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tulungagung, Jawa Timur terduga telah terpapar bakteri tuberculosis yang merebak di lingkungan isolasi sosial tersebut. “Status mereka sementara masih suspect atau terduga. Hal tersebut berdasar sampel dahak yang kami lakukan terhadap 600 warga binaan di LP Tulungagung,” kata Kasi P2P Dinas Kesehatan Tulungagung,Muhroji, di Tulungagung, Jumat 8/10/2021.

Menurut penjelasan Muhroji, kegiatan tracing terlaksana dengan mengambil sampel dahak seluruh warga binaan. Hasilnya, berdasar tes cepat tertemukan indikasi TB pada 40 dari 600 warga binaan.

Mereka ini terpantau suspek dari skrining awal. Kemudian petugas mengambil sampel dahaknya untuk uji lab,” jelasnya. Hasil uji laboratorium sampel dahak itu secara resmi akan diketahui 3-4 hari ke depan.

Muhroji menyebut, ketika nanti yang bersangkutan telah pasti positif TB, pihaknya memilih akan melakukan pelacakan lanjutan. Ia bekerja sama dengan pihak Kesehatan yang ada di dalam LP dan Puskesmas Kedungwaru.

“Pasti akan ada tindakan lanjutan untuk yang positif ini, mulai dari ditempatkan di sel yang sudah disediakan hingga diberikan obat rutin oleh tim kesehatan,” katanya. (Antara/dhs)