Polri dan Kementrian Kesehatan Kirim Bantuan Kemanusiaan Ke Palestina Kloter Lanjutan

JAKARTA – Polri dan Kementerian Kesehatan Indonesia kembali menunjukkan bukti kepedulian kemanusiaan dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina dalam kloter lanjutan. Bantuan ini dikirimkan menggunakan pesawat charter Lion Air A330 dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, pada Senin (6/11) dini hari, menuju Bandara El Arish, Mesir.

Bantuan kemanusiaan ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya yang telah dikirimkan menggunakan dua pesawat Hercules. Perwakilan personel Polri, media, dan Kementerian Luar Negeri turut serta dalam mengawal bantuan tersebut. Aksi kemanusiaan ini merupakan wujud nyata kepedulian Indonesia kepada Palestina.

Kadiv Hubinter Polri, Irjen. Pol. Krishna Murti, menambahkan bahwa ada sembilan perwakilan anggota Polri, perwakilan media, dan Kementerian Luar Negeri yang mengantarkan bantuan tersebut. Bantuan ini dijadwalkan tiba bersamaan dengan pesawat Hercules lainnya yang sudah lebih dahulu berangkat.

Bantuan yang dikirimkan memiliki berbagai keberagaman, karena dua pesawat Hercules yang telah berangkat memerlukan waktu dua hari dan lima kali transit, sedangkan Airbus A330 hanya memerlukan 11 jam. Sesampainya di Bandara khusus penerimaan bantuan di Mesir, bantuan tersebut akan diberikan waktu 11 jam untuk proses bongkar muat.

Selanjutnya, pembagiannya akan dikoordinasikan oleh Bulan Sabit Mesir. Dari total bantuan seberat 51,5 ton yang dikirim oleh Pemerintah Indonesia, sebanyak 26,5 ton terdapat di dalam pesawat Airbus ini. Bantuan ini meliputi alat-alat kesehatan khusus, 100 tenda peleton, 1.000 selimut, dan jaket musim dingin.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan, Sumarjaya, juga menyatakan bahwa bantuan ini juga mencakup 7 ton bantuan dari instansi tersebut. Selanjutnya, akan ada pengiriman bantuan lanjutan yang berupa air bersih, penyuling air bersih, obat-obatan dasar, obat darurat, makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil, serta kit higienis bagi ibu hamil dan anak-anak.