Connect with us

Keagamaan

Polemik Baha’i, Wamenag: Menag Harus Beri Layanan ke Semua Warga

Diterbitkan

pada

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi. Foto : Kemenag

Jakarta – Selama sepekan terakhir, viral di media sosial video ucapan Selamat Hari Raya Naw Ruz kepada umat Baha’i yang disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Berbagai reaksi pun muncul di kalangan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi menjelaskan, bahwa apa yang dilakukan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas adalah bagian dari kewajiban konstitusional yang harus dilakukan.

“Saya melihat, apa yang beliau sampaikan merupakan bagian dari kewajiban konstitusional yang melekat sebagai pejabat negara yang mengharuskan memberikan pelayanan kepada semua warga negara, tanpa pengecualian,” jelas Wamenag, Jakarta, Sabtu (31/07/2021).

Sehingga, Wamenag berharap, polemik terkait dengan agama Baha’i dihentikan karena dinilai sudah tidak proporsional.

Wamenag juga menjelaskan, bahwa Kementerian Agama terus mengembangkan dan menyosialisasikan penguatan moderasi beragama yang tujuannya tak lain untuk menghadirkan keharmonisan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Moderasi beragama tidak akan dapat tercipta tanpa pinsip adil dan berimbang,” terang Wamenag.

Menurut Wamenag, penguatan moderasi beragama diperlukan sebagai strategi kebudayaan kita dalam merawat keindonesiaan.

“Sebagai bangsa yang sangat heterogen, sejak awal para pendiri bangsa sudah berhasil mewariskan satu bentuk kesepakatan dalam berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang telah nyata berhasil menyatukan semua kelompok agama, etnis, bahasa, dan budaya,” tandasnya.(*/red)

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Jawa Timur

Pelantikan Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Tulungagung

Diterbitkan

pada

Tulungagung – Bertempat di auditorium gedung arif mustakim Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,  pengurus cabang fatayat NU menggelar acara Pelantikan Pimpinan Cabang Fatayat Nahdatul Ulama kabupaten Tulungagung masa khidmat 2019 – 2024 sekaligus launching lagu baru Fatayat NU Tulungagung.

Acara yang digelar pada hari Minggu 17 Oktober 2021 ini atau 10 Rabbiul Awal 1443 H dihadiri oleh para tamu undangan dari berbagai kalangan, diantaranya seluruh pengurus PC FATAYAT NU, lembaga Fatayat NU, PAC Fatayat NU se kab. Tulungagung dan juga mitra-mitra fatayat NU seperti forkopimda, ormas dan dinas-dinas terkait. Bahkan pelantikan ini juga mendapat kunjungan langsung oleh Bupati Tulungagung Bapak Maryoto Birowo.

Pelantikan yang terlaksana pada akhir 2021 ini karena adanya kendala virus Covid-19. Bukan hanya pelantikan pimpinan cabang Fatayat NU Tulungagung saja, namun dalam acara ini juga terlaksana Launching lagu Fatayat Produktif dari PC fatayat NU Tulungagung.

Karena berlangsung di tengah-tengah pandemi covid 19, acara ini terlaksana dengan protokol kesehatan yang ketat. Yaitu dengan menggunakan setengah dari total kapasitas gedung, memakai masker, dan menjaga jarak. Bahkan tim kesehatan mengecek suhu badan dan memberikan handsanitizer untuk seluruh tamu undangan yang memasuki ruangan.

Dari adanya pelantikan ini, PC Fatayat NU Tulungagug berharap kedepan pimpinan cabang baru semakin produktif dan semangat dalam mengemban amanahnya di masa khidmat 2019-2024.

Continue Reading

MaduTV on Facebook

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: