Pilkades Serentak Segera Digelar di Blitar

Blitar – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan segera digelar di Kabupaten Blitar. Ada 22 desa di 16 kecamatan yang akan menggelar Pilkades.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Blitar, Rully Wahyu mengatakan, berdasarkan hitung-hitungan terkait masa habis jabatan kepala desa yang mengikuti Pilkades serentak tersebut, estimasi waktu pemungutan suara akan dilakukan pada Desember 2022 minggu ketiga atau keempat.

“Kalau ditarik mundur, Juni ini sudah harus mulai persiapan. Banyak tahapan yang akan dilakukan. Nanti waktu pelaksanaannya juga akan ada penetapan dari Bupati Blitar,” kata Rully, Minggu (5/6/2022).

Menyikapi hal itu, Pemkab Blitar kini tengah menggodok
Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pilkades serentak di masa Pandemi Covid-19.

Rully menargetkan, pada bulan Juni ini Perbub Pilkades masuk dalam tahap finalisasi.

“Itu yang sedang kita kaji. Bulan ini ditarget selesai. Sambil menyiapkan administrasi untuk Desk Pilkades. Jadi bulan depan SK Desk Pilkades tahun 2022 dari Bupati Blitar juga akan rampung,” ujar Rully.

Rully menambahkan, Pilkades serentak tahun 2022 ini disiapkan anggaran hingga Rp 1 miliar. Pedanaan yang bersumber dari APBD ini akan digunakan untuk kebutuhan pendampingan, fasilitasi, serta Desk Pilkades.

“Selain itu kan ada juga anggaran dari APBDes. Itu nanti direncanakan untuk persiapan Pilkades serentak di desa tersebut. Diantara 22 desa yang akan menggelar Pilkades, yaitu Karanggondang, Wonorejo, Maron, Plandirejo, Gembongan, Bacem, Bendo, Sanankulon, Bendowulung, Bangsri, dan lain-lain,” pungkasnya.(sk)