Pertahankan Budaya Kearifan Lokal, Mak Rini Ajak Makan Nasi Pecel Lauk Telur

Blitar – Ada yang berbeda dalam puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Blitar 2022 ,sebelum acara Pisowanan Agung dimulai Bupati Blitar Rini Syarifah mengajak seluruh tamu undangan untuk kulineran makan nasi pecel pincuk lauk telur.

Ide Bupati yang biasa dipanggil Mak Rini ini memang terkesan sederhana, hanya makan nasi pecel pincuk, apalagi dilakukan pada event besar dan sakral Peringatan Hari Jadi Blitar bersamaan acara pisowonan agung.

Namun jangan dilihat dari sisi makananya, tapi ini adalah merupakan gerakan nyata untuk mencintai kearifan lokal, dan langsung digelar di Pendopo Kabupaten Blitar , yang kita tahu selama ini adalan sebagian salah satu cagar budaya.

Bupati Blitar Mak Rini mengatakan, mengapa harus nasi pecel dan telur??
Tanpa harus membuka lembar sejarah sudah menjadi pengetahuan publik kalau salah satu kuliner yang terkenal di kabupaten Blitar adalah nasi pecel. Makanan khas yang berupa sayuran dan diberi bumbu kacang ini menampilkan sebuah kesederhanaan dan merakyat. Dan kenapa harus telur?? jelas karena wilayah Kabupaten Blitar selama ini merupakan salah satu daerah penyuplai kebutuhan telur nasional.

“Pecel adalah merupakan kuliner khas asli Blitar, kita sebagai generasi penerus punya kewajiban untuk tetap melestarikannya. Dan kenapa harus makan telur, karena kabupaten Blitar adalah merupakan salah satu daerah penyuplai kebutuhan telur Nasional,” kata Mak Rini.

Dengan digelarnya festifal kuliner makan pecel yang dilaksanakan bertepatan acara pisowanan agung ini , Mak rini dan Mak De Rahmad ingin menyampaikan pesan, tentang sebuah arti kesederhaan yang harus tetap kita jaga sebagai budaya ke arifan lokal.(sk)